Advertisement

Kominfo Gelar Webinar Genposting Promosi Wisata Unggulan DIY, Sukseskan Program Bangga Berwisata di Indonesia

Media Digital
Jum'at, 17 Maret 2023 - 16:12 WIB
Budi Cahyana
Kominfo Gelar Webinar Genposting Promosi Wisata Unggulan DIY, Sukseskan Program Bangga Berwisata di Indonesia Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen IKP Kominfo) RI melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim menggelar Webinar Genposting bertajuk Promosi Wisata Unggulan DIY, Sukseskan Program Bangga Berwisata di Indonesia di Hotel Alana Yogyakarta, Jumat (17/3/2023). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen IKP Kominfo) RI melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim menggelar Webinar Genposting bertajuk Promosi Wisata Unggulan DIY, Sukseskan Program Bangga Berwisata di Indonesia. Acara dihelat di Hotel Alana Yogyakarta, Jumat (17/3/2023).

Webinar Genposting (Generasi Positive Thinking) menghadirkan empat narasumber, yakni Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dessy Ruhati, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta DIY Singgih Raharjo, Plt Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Agustin Peranginangin, dan Dimas Diajeng 2014-2016 Yogyakarta Fajar Wijanarko.

Advertisement

Turut hadir pula Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo RI, Septriana Tangkary. Dalam sambutannya, Septriana Tangkary mengungkapkan, promosi wisata dan pengembangan potensi wisata DIY diharapkan bisa meningkatkan lama tinggal wisatawan, sehingga turut menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Bertujuan untuk meninggalkan kesan baik sehingga length of stay lebih panjang dan quality of spending semakin tinggi dan dapat berdampak positif bagi perekonomian lokal," jelas Septriana Tangkary saat memberikan sambutan sekaligus membuka Webinar Genposting bertajuk Promosi Wisata Unggulan DIY, Sukseskan Program Bangga Berwisata di Indonesia.

Adapun target utama pariwisata sesuai rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024, diungkapkan Septriana Tangkary, yakni nilai tambah pariwisata. Pemerintah juga menggelorakan progam Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sebagai gerakan nasional yang dapat mendorong minat dan kebanggaan masyarakat Indonesia untuk berwisata di dalam negeri sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

"Mendorong mobilitas wisatawan Nusantara dengan target 1,4 miliar pergerakan dan menumbuhkan sentra-sentra ekonomi kreatif," kata Septriana Tangkary.

Disebutkan pula, Indonesia memiliki keindahan dan keberagaman alam, adat budaya, hingga kreativitas yang dapat dikembangkan pemerintah bekerja sama dengan pelaku usaha, asosiasi, dan komunitas berupa atraksi berbasis olahraga, musik, kuliner, dan festival unik daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dessy Ruhati, menyampaikan pentingnya pemerintah daerah mengaktifkan atraksi wisata agar wisatawan tertarik untuk datang. Hal ini tidak dilakukan sendiri, namun perlu dukungan atau keterlibatan pemerintah kota/kabupaten di sekitarnya.

"Kami berharap masing-masing daerah bisa mengembangkan wisata dan melakukan promosi pariwisata, antara lain dengan membuat event wisata tematik bulanan. Di daerah bisa bikin event sesuai dengan lingkungan tersebut, misalnya wisata lokasi film, wisata kuliner, atau lainnya," urai Dessy Ruhati.

Di lain sisi, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengutarakan Yogyakarta memiliki banyak ekonomi kreatif yang bisa dieksplorasi. Adapun untuk promosinya, salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah provinsi, yakni dengan mengimplementasikan teknologi digital. Dalam hal ini memanfaatkan website, aplikasi Visiting Jogja, termasuk media sosial.

"Banyak cara-cara digital untuk mempromosikan pariwisata Jogja, termasuk bikin jingle untuk mendekatkan pada anak muda," ungkapnya.

Plt Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Agustin Peranginangin berharap lama tinggal wisatawan di Yogyakarta bisa semakin terus meningkat. Terkait itu, menurutnya butuh kerja sama semua pihak.

"Ini butuh kerja sama semua pihak, termasuk anak-anak muda. Jangan sampai uangnya lari ke negara tetangga, tapi saya harap anak muda berperan juga untuk ikut mempromosikan," ujarnya.

Sementara itu, Dimas Diajeng 2014-2016 Yogyakarta Fajar Wijanarko, menyatakan masing-masing wilayah di Yogyakarta atau pun daerah lain punya atraksi kebudayaan yang bisa diangkat dan menarik wisatawan.

"Bagaimana masing-masing dari daerah ini punya atraksi kebudayaan yang cukup signifikan. Bagaimana masyarakat setempat bisa selalu melestarikan nilai budaya tersebut. Ketika ada potensi ini bisa jadi daya dukung wisata yang mampu memberi sudut pandang lain tentang Jogja," kata dia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Soal Jalan Godean Rusak: Kalau Anggaran Belum Ada Tambal Dulu

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement