Advertisement

Mengunjungi Monowi, Kota yang Hanya Dihuni Satu Penduduk Sejak 2004

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 08 April 2023 - 17:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Mengunjungi Monowi, Kota yang Hanya Dihuni Satu Penduduk Sejak 2004 Monowi, sebuah kota kecil di Amerika Serikat yang hanya dihuni satu penduduk. - Eater/Daniel Johnson

Advertisement

Harianjogja.com, NEBRASKA—Pengalaman tinggal seorang diri di sebuah kota kecil mungkin hanya dialami Elsie Eiler. Perempuan berusia 89 tahun itu menjadi satu-satunya warga di Monowi, sebuah kota kecil di Amerika Serikat.

Melansir Newsbreak, Monowi adalah sebuah desa di Boyd County, Nebraska, Amerika Serikat. Wilayah ini mendapat perhatian nasional dan internasional setelah sensus Amerika Serikat 2010 melaporkan bahwa desa tersebut hanya memiliki satu penduduk yaitu Elsie Eiler.

Advertisement

Konon, nama kota kecil yang didirikan pada 1903 itu diambil dari banyaknya bunga liar yang tumbuh di sekitar lokasi awal desa. Sebuah kantor pos sana itu telah dibuka lebih dulu pada tahun 1902 dan terus beroperasi hingga tahun 1967.

Populasi kota kecil dengan luas total 0,5 kilometer persegi itu mencapai puncaknya pada tahun 1930-an ketika berjumlah 150 orang. Mirip dengan banyak kota kecil lainnya di Dataran Besar Amerika, Monowi kehilangan populasi mudanya yang merantau ke kota-kota berkembang dan menyediakan lebih banyak kesempatan kerja.

Pada tahun 2000, penduduk Monowi tersisa dua orang. Mereka adalah Rudy dan Elsie Eiler, sepasang suami istri adalah satu-satunya keluarga yang menduduki wilayah tersebut.

Rudy meninggal pada tahun 2004, meninggalkan istrinya sebagai penduduk terakhir. Ditinggal pergi suaminya, Elsie harus memanggul banyak tugas.

Melansir Eater, sebagai satu-satunya penduduk di kota berpenduduk satu orang, dia dengan patuh menandatangani dokumen apa pun yang dikirimkan negara kepadanya untuk mendapatkan pendanaan, seperti untuk air, listrik yang membuat tiga lampu jalan Monowi menyala, untuk perbaikan jalan, hingga memenuhi peran di kota yang berbeda dengan mudah seperti bunglon. Dia mengajukan pajak dan memungutnya sendiri. Bahkan, dia adalah walikota Monowi, tanpa lawan.

Ia juga menjadi pemilik, juru masak, dan bartender dari restoran dan bar Monowi Tavern. Kedai itu adalah satu-satunya bisnis di Monowi, dan menjalankannya adalah pekerjaan Elsie yang paling penting dan bertahan lama. Itu menjadi miliknya sejak Juni 1971. Setiap hari, pelanggan datang silih berganti ke restoran miliknya.

Selain itu, Eiler mengelola Rudy's Library, sebuah perpustakaan yang didirikannya untuk menghormati mendiang suaminya. Di sana ada sekitar 5.000 jilid buku yang dirawatnya untuk siapapun yang ingin mampir dan membacanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement