Advertisement

Merapi Kondusif, Tiga Wisata Alam Siap Sambut Wisatawan saat Lebaran

Lugas Subarkah
Senin, 17 April 2023 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Merapi Kondusif, Tiga Wisata Alam Siap Sambut Wisatawan saat Lebaran Kera di Objek Wisata Tlogo Putri Kaliurang - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali membuka sejumlah Objek Wisata Alam (OWA) di lereng Gunung Merapi. Pembukaan kembali OWA ini menyusul kondusifnya aktivitas Gunung Merapi.

Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi menjelaskan sebanyak tiga OWA yang berada di dalam kawasan TNGM kembali dibuka meliputi Tlogo Muncar, Plunyon-Kalikuning dan Jurang Jero. "Dibuka per 17 April 2023," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (17/4/2023).

Advertisement

Ketiga OWA tersebut sebelumnya ditutup sejak 12 Maret 2023 karena ada peningkatan aktivitas Gunung Merapi dengan adanya serangkaian guguran awan panas dan guguran lava selama beberapa hari, mulai dari 11 Maret 2023.

"Kami telah berkoordinasi dan berkomunikasi melalui pertemuan bersama dengan para elemen masyarakat di sekitar OWA, instansi terkait dan pemerintah setempat, guna membahas kesiapan jika dimungkinkan dibuka kembali OWA di kawasan TNGM," katanya.

Selain itu, Balai TNGM telah memantau kondisi dan menjaga kawasan untuk memastikan ketiga OWA itu siap dan aman untuk dikunjungi kembali.

Dengan pembukaan ini maka ketiga OWA tersebut siap menerima wisatawan pada libur Lebaran mendatang.

Adapun kondisi Gunung Merapi saat ini masih ditetapkan dalam status Siaga.

Sejumlah guguran lava juga masih terus terjadi setiap hari meski masih dalam jarak aman yakni maksimal 1,8 km ke arah barat daya atau kali Bebeng.

Sedangkan guguran awan panas sudah cukup lama tidak teramati. Awan panas terakhir terjadi pada 31 Maret 2023, dengan jarak luncur 1,1 km ke arah barat daya atau kali Bebeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Sleman, Sabtu 15 Juni 2024, Cek di Sini

Sleman
| Sabtu, 15 Juni 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Batasi Konsumsi Kafein Agar Kualitas Tidur Meningkat

Lifestyle
| Jum'at, 14 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement