Advertisement

Panduan Wisata bagi yang Ingin Seharian di Sleman

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Panduan Wisata bagi yang Ingin Seharian di Sleman Jip wisata di Lereng Merapi, Sleman. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kabupaten Sleman memiliki luas sekitar 574,8 kilometer persegi. Bumi Sembada ini menyajikan beragam destinasi wisata khas pinggiran Kota Jogja.

Mulai dari sejuk nan ayunya panorama Merapi, hijaunya hamparan sawah, hingga aneka kuliner yang mampu menggoyang lidah. Berencana menghabiskan seharian di Sleman? Ini rekomendasi destinasi wisata yang bisa kamu coba:

Advertisement

1. Sarapan seraya menikmati sunrise di Kopi Klotok

Tak kenal waktu pagi, siang, sore, hingga malam warung kopi dan makan satu ini tak pernah sepi pengunjung. Entah karena lokasinya yang bersebelahan langsung dengan hamparan sawah dengan pemandangan yang mampu menyejukkan hati atau karena rasa aneka sayur lodeh dan sayur megono yang siap menggoyang lidah.

Tidak heran jika Kopi Klotok jadi lokasi yang pas untuk sarapan sekaligus menikmati sunrise di balik hamparan sawah. Apalagi mengingat harga makanan yang tergolong murah aneka lauknya dibanderol dengan harga mulai dari Rp6.500-an saja. Ada pula pisang goreng krispi yang patut dicoba seharga Rp8000 per porsinya. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang KM 16, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: Berangkat dari Jogja dengan Kereta Api, Perjalanan Jarak Jauh Lebih Cepat 1 Jam

2. Pacu adrenalin lewat Lava Tour Merapi

Setelah perut kenyang hati tenang, kini saatnya melanjutkan perjalanan wisatamu. Satu yang patut dan wajib dicoba ialah memacu adrenalin menjelajahi aliran lava Merapi menggunakan jip. Mengarungi aliran sungai Kali Kuning yang dulunya menjadi lintasan lahar dingin.

Tak hanya memacu adrenalinle, tur ini kamu juga akan mampir ke Rumah Mbah Maridjan, Museum Mini Sisa Hartaku, menyaksikan wisata panorama Gunung Merapi di bunker Kaliadem dan sejumlah tempat lainnya. Biasanya akan tersedia tiga pilihan yakni rute pendek selama 60 menit, rute menengah selama 90 menit, dan rute panjang selama 120 menit. Dalam satu jip dapat membawa 3-4 orang harganya berkisar dari Rp350.000 hingga Rp600.000.

3. Menilik sejarah kerajaan di Museum Ullen Sentalu

Salah satu destinasi wisata edukasi yang cukup hits di kaki Gunung Merapi di Museum Ullen Sentalu. Disini kamu dapat menilik sejarah budaya dan kehidupan Kerajaan Mataram Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman atau mengenali budaya Indues yakni akulturasi antara budaya Jawa-Belanda-Tionghoa.

Arsitektur bergaya Eropa kuno membuat pengunjung seolah berada di mesin waktu karena tercipta nuansa berada pada masa lampau. Setiap pengunjung akan dikenai biaya Rp50.000 atau Rp100.000 tergantung jenis tur yang dipilih antara Adiluhung Mataram atau Vorstenlanden. Nantinya tiap pengunjung akan ditemani edukator selama 45 menit mengelilingi area museum.

4. Santap siang dengan segarnya Soto Bathok Mbah Katro

Soto dengan citarasa gurih dalam batok yang menjadi mangkuk ini memiliki kuah yang menyegarkan dan juga tidak berlemak seperti soto kebanyakan. Seporsi soto amat terjangkau hanya dihargai mulai dari Rp6000 saja tambah maknyus dengan aneka sate-satean, perkedel, peyek, dan pastinya kerupuk.

Pengunjung akan diajak menyantap semangkuk soto dengan nuansa pedesaan di rumah Joglo dengan pemandangan yang dikelilingi area sawah. Buka sejak pukul 06.00 hingga 16.00 WIB berlokasi tak jauh dari Candi Sambisari tepatnya di Jalan Candi Sambisari No. 6, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

5. Pesona sunset di Ratu Boko

Berada di 3 KM ke arah selatan Candi Prambanan ada Candi Ratu Boko yang sebenarnya adalah reruntuhan kerajaan. Diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha, terletak di atas bukit membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang juga sempurna untuk menyaksikan keelokan senja.

Tentunya reruntuhan Istana Ratu Boko yang disebut pula Kraton Ratu Boko tak kalah elok untuk dinikmati dan tak lupa turut pelajari sejarah dibaliknya. Memasuki situs ini kamu perlu merogoh tiket sebesar Rp40.000, namun sayangnya kamu tak dapat singgah lama di tempat wisata ini sebab hanya buka hingga pukul 17.00 WIB saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap

Lifestyle
| Senin, 22 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement