Advertisement

Pantai Mesra, Pantai Two in One di Gunungkidul

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 21 Mei 2023 - 21:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pantai Mesra, Pantai Two in One di Gunungkidul Pemandangan Pantai Kukup dari kejauhan yang terlihat dari bibir Pantai Mesra, Gunungkidul. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu pantai di Gunungkidul yang ikonik adalah Pantai Mesra atau Pantai Ngrawe. Pantai ini memiliki hamparan taman yang luas yang bisa menjadi penyejuk suasana di pesisir pantai. Selain itu, di pantai ini bisa berwisata two in one. 

Pantai Mesra berada di Dusun Ngepung, Kemadang, Tanjung Sari, Gunungkidul. Mudah diakses menggunakan beragam jenis kendaraan dan menawarkan tempat yang instagramable yang tak kalah seru dan menawan dengan pantai lainnya.

Advertisement

Berikut ini spot-spot menarik di Pantai Mesra yang perlu Anda ketahui:

1. Hamparan Pasir Putih

Seperti pantai lainnya di Gunungkidul, Pantai Mesra juga memiliki pasir putih yang lembut. Wisatawan dapat bermain pasir di tepian pantai sembari menikmati panorama indah di sekelilingnya.

Pantai ini juga ramah bagi anak-anak karena tidak memiliki bibir pantai yang curam. Orang tua bisa memberikan kesempatan anak-anak untuk bermain air dan pasir tetapi tetap dalam pengawasan.

Baca juga: Industri Tekstil dan Alas Kaki Rontok, Ini Deretan Pabrik yang PHK Ribuan Karyawannya

2. Halaman Luas

Sebelum menginjakkan kaki ke pantai, wisatawan Pantai Mesra pasti melewati halaman yang luas di pantai ini. Halaman ini juga disebut dengan tamannya Pantai Mesra.

Ada tumbuhan hijau yang ditanam dengan rapi di sini, dilengkapi pula dengan kursi taman yang berjajar. Yang menarik lagi adanya plakat bertuliskan Pantai Mesra.

"Pantai Mesra. Tak Rawat Lautku Koyo Ngrawat Bojoku" yang artinya aku rawat lautku seperti merawat suami atau istriku. Tulisan yang menyedot perhatian wisatawan ini kerap dipakai sebagai tempat berfoto selfie.

3. Kios Makanan

Aneka warung makan berjajar rapi tak jauh dari bibir pantai. Pengunjung bisa memesan berbagai makanan mulai mi instan, soto, ayam bakar, ayam penyet, aneka gorengan, minuman botol, hingga es kelapa muda di sini.

Wisatawan tak perlu khawatir soal harga karena puluhan pedagang yang berjualan di sini sudah menerapkan standar harga makanan yang sama.

Selain itu, meski pengunjung duduk di warung yang menjual ayam geprek tetapi juga ingin memesan menu lain yang tidak dijual di warung tersebut, pedagang akan membantu memesankannya. Pengunjung cukup duduk manis di situ dan tidak perlu berpindah tempat untuk menyantap pesanan barunya.

4. Fasilitas lengkap

Meski terbilang baru, pantai yang dikenal dengan kebersihannya ini memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet, mushala, parkiran yang luas, hingga gazebo.

Toiletnya pun terbagi di dua tempat, yakni di dekat pantai dan di area parkiran. Selain itu ada pula fasilitas penunjang protokol kesehatan, seperti wastafel untuk cuci tangan.

5. Penginapan

Bagi yang ingin bermalam, pengunjung juga bisa menyewa kamar yang disediakan salah satu penginapan yang ada di Pantai Mesra. Penginapannya berada di atas bukit. Dari parkiran, wisatawan tinggal naik beberapa puluh meter.

Pemandangan hamparan laut Samudera Hindia akan terlihat jelas dari penginapan itu.

6. Jam operasional

Tak ada batasan waktu untuk berwisata di Pantai Mesra karena pantai ini buka 24 jam nonstop mulai Senin hingga Minggu. Biasanya, pengunjung akan memadati tempat ini saat akhir pekan.

Jika ingin mendapatkan suasana yang sedikit sepi, pengunjung bisa memilih hari selain Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Untuk tiket masuk cukup Rp10.000 per orang. Biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

7. Bisa menyeberang

Meski berwisata di Pantai Mesra, pengunjung juga bisa berwisata ke Pantai Kukup sekaligus. Bagaimana bisa? Pantai Mesra berada tepat di sebelah barat Pantai Kukup. Kedua pantai ini hanya terhalang bukit kecil.

Saat air laut surut, wisatawan bisa menyeberang ke timur dengan berjalan menyusuri pantai menuju Kukup. Jadi jika Anda berwisata ke Pantai Mesra, Anda bisa mendapatkan wisata two in one. Bisa ke Mesra, bisa juga ke Kukup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Kotak Kejujuran, Cara Unik Penduduk Shetland Inggris dalam Berbisnis

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement