Advertisement

Siap-siap Waisak, Ini 3 Candi Buddha Jogja yang Jadi Tujuan Wisata

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 25 Mei 2023 - 16:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siap-siap Waisak, Ini 3 Candi Buddha Jogja yang Jadi Tujuan Wisata Foto ilustrasi: Sejumlah Biksu dan umat Budha melakukan Pradaksina mengelilingi Candi Sewu, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Umat Buddha akan merayakan hari besar keagamaan Waisak pada Minggu 4 Juni 2023 pekan depan. Sejumlah tempat menjadi pusat kunjungan, terutama candi. 

Perayaan Waisak biasa dilaksanakan di Candi Borobudur karena candi di Magelang, Jawa Tengah ini bercorak Buddha. 

Advertisement

Di Jogja, meskipun banyak berdiri candi Hindu, ada pula candi Buddha yang menarik untuk dikunjungi. Biasanya pengunjung datang untuk berwisata. 

Berikut ini tiga candi bercorak Buddha di Jogja dilansir dari berbagai sumber: 

1. Candi Sari

Candi Sari atau Candi Bendah beralamat di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke-8. Dilihat dari relief dan arca dewa, candi ini merupakan peninggalan Agama Budhha yang digunakan sebagai Vihara. Terdapat tiga ruangan yang dipercayai sebagai tempat belajar dan meditasi bagi para pendeta Buddha.

Candi Sari berbentuk persegi panjang dengan ukuran 17,30 x10 meter. Dinding candi memiliki banyak pahatan "Kumuda" atau daun kalpataru yang berbentuk bulat dan "Kinara Kinari" atau manusia burung. Candi Sari memiliki 32 arca, 12 terdapat di sisi bagian barat, 8 berada di sisi timur, dan 8 di sisi utara.

Baca juga: Dewa 19 Segera Konser Kolaborasi, Janjikan Ada yang Baru

Pengunjung yang ingin berwisata di sini bisa datang mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Jalan Raya Yogya-solo, Desa Kalasan, Suryatmajan, Sleman Yogyakarta. Menurut perkiraan, Candi Kalasan dibangun bersamaan dengan Candi Sari pada abad ke-8 yakni pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Untuk pemujaan Dewi Tara yang merupakan figur wanita suci yang melambangkan kebebasan dan keberhasilan, dibangunlah Candi Kalasan. Sedangkan untuk para pendeta Buddha, dibangunlah Candi Sari. Keterkaitan kedua candi ini dimuat dalam Prasasti Kalasan (700 tahun saka/778 Masehi)

Candi Kalasan memiliki Bentuk empat persegi panjang dengan ukuran 34 x 45 meter. Di sekeliling candi terdapat 52 stupa setinggi 4,6 meter. Bagian luar dinding candi dilapisi semen kuno yang bernama Valjralepa yang berfungsi untuk melindungi dinding dari lumut dan memberi warna cerah. Candi ini buka pukul 07.00-17.00 WIB. 

3. Candi Sewu

Candi Sewu berada dalam satu kompleks Candi Prambanan atau sekitar 800 meter dari candi Roro Jonggrang. Lokasinya berada di Jalan Solo-Yogyakarta, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Sewu diklaim menjadi candi terbesar setelah Candi Borobudur, bahkan diperkirakan dibuat lebih awal dari pada Candi Borobudur.

Diberi nama "Sewu" yang artinya seribu, faktanya Candi ini hanya memiliki 249 Candi bukan 1000, tetapi karena terlihat sangat banyak, maka disebutlah Candi Sewu. Luas area Candi Sewu adalah 185x165 meter. Terdapat Candi utama yang memiliki tinggi 30 meter. Candi utama di kelilingi oleh 8 Candi Pengapit dan 240 Candi Perwara yang ukuranya lebih kecil. Candi ini buka pukul 06.00-17.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan ITF Bawuran Capai 40 Persen, Pemkab Optimis Rampung Mei 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement