Advertisement

Kafe di Inggris Ternyata Bekas Toilet Umum, Punya Desain Mirip Hogwarts

Lajeng Padmaratri
Rabu, 18 Oktober 2023 - 13:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Kafe di Inggris Ternyata Bekas Toilet Umum, Punya Desain Mirip Hogwarts Cloakroom Cafe, sebuah kafe di Bristol, Inggris yang menggunakan bekas bangunan dari toilet umum. - Bristolive

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON—Sebuah kafe di Inggris rupanya dibangun dari bekas toilet umum. Begini uniknya bentuk kafe tersebut.

Kafe yang bernama Cloakroom Cafe itu menarik perhatian karena asal-usulnya. Interior kafe yang berlokasi di Bristol, Inggris ini juga unik karena memadukan antara desain lama dan gaya baru.

Advertisement

BACA JUGA: Seorang Nenek Terobsesi Mengumpulkan Memorabilia Kerajaan Inggris, Punya 13.000 Koleksi

Di Inggris, sejumlah bangunan tua menemukan tujuan baru. Ada bank tua jadi bar, sekolah jadi hotel, gereja jadi apartemen, hingga toilet umum diubah jadi kafe.

Cloakroom Café adalah contoh perpaduan arsitektur bersejarah dengan desain modern. Meski masih bernuansa toilet bergaya Victoria, Cloakroom Café adalah tempat singgah populer untuk nongkrong di jantung kota Bristol.

Melansir Mirror, seorang penulis bernama Nia Dalton mengunjungi kafe tersebut dan menyebutnya sebagai perpaduan toilet Hogwarts dan Central Perk.

Toilet ini awalnya dibangun pada tahun 1904. Kemudian, pada tahun 2017, Alfred Fitzgerald jatuh cinta dengan bangunan tersebut dan membelinya seharga £215.000 (Tp4,1 milyar) di sebuah lelang.

“Awalnya saya tidak ingin membuka kafe di Bristol. Saya hanya jatuh cinta dengan bangunan itu,” ujar Fitzgerald, 38, dari Bath, mengatakan kepada Bristol Live.

Di dalam tempat yang unik itu, dinding ubin putih dan lantai monokrom tetap ada, begitu pula tangki tinggi bergaya Victoria dan langit-langit kayu.

BACA JUGA: Pantai Unik di Inggris, Airnya Bisa Menyala Biru Saat Malam Hari

Uniknya, interiornya memberikan sentuhan modern, dengan tanaman gantung, lampu rendah, dan meja kaca.

Dalam situs webnya, Cloakroom Cafe menulis tentang kafe tersebut. “Dibangun pada tahun 1904, toilet ini ada pada masa ketika kawasan Park Row di sekitarnya masih menjadi destinasi bergaya Victoria yang elegan dan berkembang.

“Bangunan ini sekarang dianggap langka karena sebagian besar fasilitas umum di Inggris baru-baru ini dihancurkan, dianggap sebagai ruang yang tidak layak secara komersial untuk zaman modern.” 

“Cloakroom Café yang ada saat ini merupakan bukti perhatian terhadap renovasi dan kecerdikan komersial modern.”

“Kamar mandi yang dulunya merupakan toilet ini tidak hanya dipugar, mempertahankan banyak ciri khas zamannya, namun juga dibawa ke era modern - mengubah sebagian masa lalu Bristol menjadi masa kini & menghidupkan kembali sudut bersejarah kota ini,” demikian yang ditulis di situs tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Mirror

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Menhub Budi Karya Ajak Masyarakat Manfaatkan Kereta Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Tips Menjaga Pola Hidup bagi Penderita Glaukoma

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement