Advertisement

Ada Museum Babi di Jerman, Kisah Pendiriannya Berawal dari Rumah Jagal

Lajeng Padmaratri
Minggu, 05 November 2023 - 16:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Ada Museum Babi di Jerman, Kisah Pendiriannya Berawal dari Rumah Jagal Museum Babi di Kota Stuttgart, Jerman menyimpan 42.000 pernak-pernik tentang babi. - Schweinemuseum

Advertisement

Harianjogja.com, STUTTGART—Jika sedang berkunjung ke Jerman, mengunjungi museum bisa menjadi pilihan wisata. Di Kota Stuttgart, berdiri sebuah museum yang menyimpan koleksi artefak babi terbesar di dunia.

Dilansir dari situs Schweinemuseum, museum Babi di Stuttgart, Jerman telah berdiri sejak tahun 1988, yang berawal dari rumah potong hewan. Ada puluhan ribu koleksi artefak babi di sana yang bisa disaksikan sebagai aktivitas wisata.

Advertisement

BACA JUGA: Indonesia Kini Punya Museum Antinarkoba Berkonsep Smart

Setelah bertahun-tahun berada di garis depan dalam bidang produksi daging babi, sebuah rumah potong hewan di Stuttgart beralih menjadi museum. Pendirinya, Erika Wilhelmer, mendedikasikan bekas tempat pemotongan babi tersebut sebagai museum sejarah dan seni babi.

Sebagai seorang kolektor pernak-pernik tentang babi, Erika sudah menampung 42.000 artefak babi dari berbagai jenis, mulai dari lukisan, tembikar, cangkir, hiasan kayu, hingga dasi atau tas kerja bergambar babi.

BACA JUGA: Mengunjungi Museum Kegagalan Cinta, Punya Banyak Koleksi Benda Kenangan Mantan

Selain itu, ada juga pameran yang menambah wawasan tentang babi, seperti sejarah singkat peliharaan babi pertama di Turki 9000 tahun yang lalu, tema perkembangan berbagai ras babi, hingga perburuan babi hutan. Tema-tema itu disajikan dengan menarik sehingga bisa dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Pada 1992, Museum Babi Stuttgart telah diakui sebagai “Museum Babi Terbesar di Dunia” oleh Guinness Book of World Records, dengan sekitar 25.000 pameran pada saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Senin 29 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Mengatasi Anemia dengan Makanan, Ini Daftarnya

Lifestyle
| Minggu, 28 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement