Advertisement

Racik Sendiri Cokelat dan Es Krim di Hotel Tentrem Jogja

Media Digital
Rabu, 08 November 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Racik Sendiri Cokelat dan Es Krim di Hotel Tentrem Jogja Suasana Mbanggulo Store di Hotel Tentrem Jogja, Rabu (8/11/2023). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Agar bisa mendapatkan cokelat dan es krim sesuai selera, Hotel Tentrem membuka toko dengan fasilitas bisa meracik sendiri. Tidak hanya untuk mendapatkan makanan sesuai selera, layanan di Mbanggulo Store ini bisa memudahkan konsumen yang memiliki alergi dengan bahan tertentu.

Store yang dibuka musiman ini bisa diakses mulai 6 November 2023 sampai 6 Januari 2024.

Advertisement

Executive Chef Hotel Tentrem Jogja, Philip J.N Walasary, mengatakan apabila Mbanggulo Store mencoba memberikan pengalaman baru bagi pencinta makanan manis ini. Tidak hanya bisa mendapatkan produk yang sudah jadi, pengunjung bisa mengkreasikan dan menginovasikan coklat dan es krimnya sendiri. “Mbanggulo Store ini kami istilahkan sebagai kitchen theatre. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan cokelat, termasuk cara melelehkan cokelatnya,” kata Philip, Rabu (8/11/2023).

Bagi yang ingin membuat sendiri coklatnya, staf Mbanggulo Store akan memberikan cetakan dengan berbagai bentuk. Setelah lelehan cokelat dituangkan ke cetakan, pengunjung bisa memberikan berbagai tambahan bahan sesuai selera. Ada kacang, almon, dan lainnya. Apabila sudah selesai mengkreasikan cokelatnya, staf akan membantu proses pembekuan cokelat yang hanya membutuhkan waktu lima menit.

Tidak hanya cokelat, pengunjung Hotel Tentrem baik yang menginap atau tidak bisa membuat gelato sesuai selera. Berasal dari berbagai bahan pilihan dan terbaik di kelasnya, Mbanggulo Store memberikan kesempatan bagi pengunjung berinovasi membuat gelato.

Proses pembuatan gelato mulai dari memilih bahan dasar, flavor, dan topping. Setelah semua selesai, staf akan membantu proses meramunya, dengan waktu sekitar 15 menit. Salah satu yang menarik, apabila gelato biasanya tersaji dalam cup cone, Mbanggulo Store menggunakan donat dan croissant.

“Hanya dengan 15 menit, Anda bisa mendapatkan gelato sesuai selera. [Rasa dan proses gelato ini] enggak ada yang bisa selain di Hotel Tentrem. Rasa dan campurannya enggak bisa di-copy, pengunjung bebas memilih campurannya,” kata Philip.

Apabila tidak memiliki banyak waktu untuk bereksperimen, pengunjung bisa membeli berbagai kreasi coklat dan es krim yang sudah tersedia. Harga produk di Mbanggulo Store mulai dari Rp28.000.

BACA JUGA: Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Tidak hanya itu, masih ada lagi 48 kreasi produk. Sebanyak 32 berupa coklat, dan 16 lainnya berupa permen. Kreasi juga dikombinasikan dengan makanan tradisional seperti dodol, yangko, ciputat, dan lainnya.

Menikmati Coklat bersama Makanan Tradisional

Untuk merasakan nuansa nyore yang berbeda, Mbanggulo Store juga memberikan pengalaman serangkaian menu dessert. Ada enam menu dessert yang akan dinikmati secara bertahap. Pengalaman ini seperti perjalanan menikmati berbagai olahan coklat, es krim, dan gelato, bersanding dengan nuansa makanan tradisional Jogja. Setiap makanan bersanding dengan minuman khusus.

Ada enam menu dessert seperti Orange Kuku Bima (handcraft macaroon filled with Kuku Bima orange flavor) bersanding dengan minuman Kuku Bima Carbonated (Kuku Bima orange with lemongrass and CO2), Egg Nest (sweet and savor egg custard topped with ‘sambal’ caviar dust with truffle salt) bersanding dengan minuman Choco Earl Grey (dark chocolate with earl grey), dan Cigar (Jogja’s traditional ‘gatot’ rolled in 67% davao single origin dark chocolate) bersanding dengan minuman Red Marlot Wine (ruby red merlot with plums and raspberries aroma and hint of flower bouquet).

Gatot dan makanan tradisional Jogja lainnya dikreasikan agar semakin naik kelas. Perpaduan menu ini juga hasil riset dan kerja sama dengan usaha kecil menengah (UKM) masyarakat di Jogja. “Kami mendapat bahan baku gatot dari UKM Bantul, ini sebagai cara mengembangkan produk dan perekonomian UKM,” kata Philip. “Kreasi menu tradisional ini juga cara membuatnya lebih mewah. Harapannya makanan tradisional menjadi tuan rumah di negara sendiri.”

Setelah itu, menu dilanjutkan dengan Songgo Buwono 2.0 (our interpretation of classic songgo buwono dish with onsen egg served on top of beef raqout) bersanding dengan minuman Sido Ngebeer (alangsari lime mixed with aromatic bitter and pilsner beer), Gudeg (classic Italian gelato mixed with Jogja’s famous gudeg bersanding dengan minuman The Jak (spicy peanut sauce mix with lychee, lemon, and mint, Tea Explosion (Javanese tea blend bursting in ruffle shell) bersanding dengan minuman Angkringan Tea (combination of 3 kind flavors full-bodied, tannin, and aromatic).

General Manager Hotel Tentrem Jogja, Christoporus Yulianto, mengatakan Mbanggulo Store dan kreasi menu lainnya dalam rangka menyambut akhir tahun 2023. Di hari-hari itu, banyak masyarakat yang berburu makanan manis. “Konsep ini agar ada interaksi dengan konsumen, tidak hanya yang menginap di Hotel Tentrem, yang lewat pun bisa mampir. Dengan bahan terbaik di kelasnya, harga yang kami tawarkan cukup terjangkau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

International Day Digelar untuk Bertukar Wawasan Budaya Mahasiswa Asing dengan Lokal

Jogja
| Sabtu, 09 Desember 2023, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Ceker Ayam Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Lifestyle
| Sabtu, 09 Desember 2023, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement