Advertisement

Air Terjun Gunung Yuntai di China Jadi Viral Karena Bersumber dari Pipa

Erta Darwati
Sabtu, 08 Juni 2024 - 18:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Air Terjun Gunung Yuntai di China Jadi Viral Karena Bersumber dari Pipa Ilustrasi Air Terjun. - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Air Terjun Gunung Yuntai lokasi wisata di China telah memicu kontroversi besar. Kontroversi muncul setelah seorang pejalan kaki menemukan bahwa sumber air tersebut ternyata dari pipa buatan manusia.

Air Terjun Gunung Yuntai menjadi tren di media sosial setelah seorang pejalan kaki mengunggah video dari puncak. Air terjun tersebut bahkan disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di China.

Advertisement

BACA JUGA: Turki Incar Posisi 3 Destinasi Wisata Top Dunia pada 2028

Dalam rekaman yang diunggah, terlihat adanya pipa besar tertancap di bagian atas tebing. Dari pipa tersebut mengalirkan air di atas tebing menyerupai air terjun alami.

“Saya pergi ke sumber Air Terjun Yuntai hanya untuk melihat pipa air setelah melewati semua kesulitan," kata para pendaki yang menyadari bahwa air terjun tersebut adalah buatan manusia, dilansir dari New Zealand Herald, pada Sabtu (8/6/2024).

Sejak video tersebut dibagikan, video itu telah disukai lebih dari 74.000 kali. Topik pipa Air Terjun Yuntai telah dilihat 10 juta kali di Douyin dan 14 juta kali di platform media sosial terbesar di China, Weibo, pada Senin lalu. 

Akibatnya, para pejabat pemerintah pergi ke Geopark Gunung Yuntai untuk menyelidiki insiden tersebut.

Pejabat itu mengatakan bahwa pipa tersebut telah disempurnakan agar terlihat lebih alami. Operator mengklarifikasi bahwa air tersebut adalah mata air dan tidak merusak lingkungan.

Namun, orang yang mengunggah video asli mengatakan mereka kecewa karena menyadari bahwa air terjun setinggi 321m itu tidak alami.

Dalam komentarnya, salah satu orang mengaku hulunya tersumbat sehingga air tidak lagi mengalir ke air terjun. Komentar lainnya merekomendasikan air terjun lain yang lebih baik untuk dilihat.

Daripada mengutuk penggunaan pipa buatan untuk memalsukan air terjun, para pejabat mengatakan kepada operator taman untuk lebih berterus terang mengenai modifikasi tersebut kepada pengunjung.

Sebagai Geopark Global Unesco, Geopark Gunung Yuntai di Provinsi Henan tengah selama ini mendatangkan jutaan pengunjung setiap tahunnya. 

Para wisatawan ingin melihat formasi geologi berusia miliaran tahun di wilayah tersebut. Air terjun itu secara khusus merupakan daya tarik wisata utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Sleman, Sabtu 15 Juni 2024, Cek di Sini

Sleman
| Sabtu, 15 Juni 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Batasi Konsumsi Kafein Agar Kualitas Tidur Meningkat

Lifestyle
| Jum'at, 14 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement