Advertisement

Liburan Sekolah, Pengunjung Ketep Pass Magelang Meningkat hingga 120 Persen

Nina Atmasari
Sabtu, 13 Juli 2024 - 13:57 WIB
Sunartono
Liburan Sekolah, Pengunjung Ketep Pass Magelang Meningkat hingga 120 Persen Menara Langit menjadi salah satu ikon unggulan di Ketep Pass Magelang. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Pada masa liburan sekolah 2024 ini, daya tarik wisata (DTW) Ketep Pass di Sawangan Kabupaten Magelang menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan sekolah. Ada fasilitas baru yang bisa dinikmati wisatawan, yaitu foto dan video drone di kawasan wisata Magelang ini.

Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah kunjungan wisata di DTW yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Magelang tersebut. Selama libur sekolah yang sudah berlangsung lebih selama 2 pekan ini, kunjungan wisata naik hingga 120%.

Advertisement

Direktur Ketep Pass Mul Budi Santoso menyebutkan selama musim liburan ini, pengunjung Ketep Pass mencapai hingga 800 orang per hari, pada hari Senin sampai Jumat. Jumlah ini melonjak dari hari biasa yaitu 300-400 orang per hari. "Di akhir pekan, Jumat sampai Minggu, kunjungan saat ini mencapai 1.200 orang. Naik signifikan," katanya, Sabtu (13/7/2024).

BACA JUGA : Liburan Akhir Pekan di Jogja Lebih Hemat Naik Trans Jogja, Cek Rute dan Jalurnya ke Tempat Wisata

Objek wisata Ketep Pass yang berada di ketinggian 1.200 mdpl menawarkan gardu pandang menyaksikan Gunung Merapi dan Merbabu. Saat ini, ikon yang menjadi unggulan adalah Menara Langit Ketep Pass, yang baru selesai dibangun tahun 2023 lalu. Dari Menara Langit, wisatawan dapat menyaksikan keindahan tujuh gunung di sekitar Magelang, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Andong, Telomoyo dan Pegunungan Menoreh.

Selain itu, ada satu fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yaitu Ketep Sky Drone. Melalui Ketep Sky Drone, wisatawan mengabadikan liburan mereka dengan foto atau video yang diambil menggunakan drone.

"Ada layanan baru foto dan video drone. Jadi, tamu dapat mengabadikan foto dan video wisata dari darat maupun udara menggunakan drone," jelas Mul Budi Santoso yang akrab disapa Bodrek tersebut.

Penggunaan jasa foto drone tersebut ditawarkan dengan harga menarik, yaitu foto Rp10.000 per file, dan untuk video mulai Rp50.000 sampai Rp250.000 untuk video berdurasi 3 sampai 30 detik.

"Fasilitas ini cukup diminati wisatawan, terbukti dari penggunanya yang mencapai rata-rata 30 orang per hari. Mereka yang tertarik itu ada yang foto/video sendiri, ada yang keluarga atau rombongan," ujarnya.

Selain Menara Langit dan Ketep Sky Drone, sejumlah fasilitas lain di Ketep Pass adalah galeri UMKM yang menyediakan beragam produk UMKM lokal Kabupaten Magelang, seperti kerajinan, batik, hingga kuliner.

BACA JUGA : Jadwal Terbaru Bus Damri ke Sejumlah Destinasi Wisata DIY, Berikut Tarif dan Rutenya

Di destinasi wisata Magelang DTW Ketep Pass merupakan destinasi wisata yang berlokasi di lereng Merbabu, Sawangan, Kabupaten Magelang yang dibuka setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Tiket masuk DTW ini pada hari biasa Rp10.500 dan pada akhir pekan Rp12.500 serta tarif untuk mengakses Bioskop dan Menara Langit Merapi Rp10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Modalan Bantul Didesain Ramah Lingkungan

Bantul
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Australia Catat Rekor Terendah Tingkat Kesuburan Wanita Sejak 1935

Lifestyle
| Kamis, 17 Oktober 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement