Advertisement

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Yosef Leon
Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:17 WIB
Sunartono
Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah Komunitas Drama Vespa bersiap berangkat dalam ekspedisi kopi nusantara menuju Sabang, Senin (14/10/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah misi unik dilakukan komunitas pengendara vespa Jogja bernama Drama Vespa. Komunitas ini melakukan ekspedisi besar menuju Sabang dengan melintasi Pulau Sumatera untuk melakukan eksplorasi mendalam terhadap kekayaan kopi Nusantara.

Koordinator Drama Vespa, Muhammad Yuniar, mengungkapkan ekspedisi ini merupakan upaya untuk lebih mengenalkan kopi-kopi lokal Indonesia. "Kami ingin menghubungkan passion kami terhadap vespa dengan kekayaan kopi Nusantara," ujar Yuniar, dikutip Rabu (16/10/2024). 

Advertisement

Ekspedisi ini dikuti delapan pengendara vespa dan lima staf pendukung. Mereka telh memulai perjalanan dari Jogja pada Senin (14/10/2024) lalu bertolak menuju Sabang atau kota yang berada di ujung barat Indonesia. Sabang dipilih sebagai tujuan akhir karena dianggap sebagai titik paling strategis untuk mengakhiri petualangan motor. "Sabang itu ibarat, seperti naik haji bagi anak motor dan vespa," ucapnya.

BACA JUGA : Puluhan Rider Vespa Jogja Rayakan HUT RI dengan Touring ke Baubau, Begini Cerita Serunya

Ekspedisi Drama Vespa direncanakan akan berlangsung selama beberapa bulan, dengan rute yang melintasi berbagai kota di Sumatera, termasuk Sukabumi, Lampung, Batam, Bangka, Aceh, Padang, Bengkulu, Palembang, dan Medan.

Di setiap kota yang dikunjungi, tim Drama Vespa akan mengadakan acara khusus untuk memperkenalkan kopi lokal kepada komunitas vespa dan pecinta kopi. Mereka juga akan menyajikan kopi hasil riset mereka kepada masyarakat. "Kami ingin semua orang bisa merasakan kekayaan rasa kopi Nusantara," ujar Yuniar.

Tim ekspedisi jalur darat ini tidak hanya akan menikmati keindahan alam Sumatera, tetapi juga akan melakukan riset mendalam tentang kopi di setiap daerah yang dikunjungi. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Imah Kopi Jogja dengan tujuan memperkuat fokus pada eksplorasi kopi lokal.

"Kami akan mencari biji kopi terbaik di setiap daerah, dari proses pengolahan hingga cita rasanya," kata Yuniar.

Direktur RFS yang menaungi Imah Kopi Nana A Hanafi mengungkapkan dukungan ekspedisi kopi melalui komunitas itu digelar semata-mata untuk mengembangkan produk kopi lokal. Oleh karena itu varietas kopi lokal tersebut harus dikumpulkan kemudian diolah sedemikian rupa.

"Kami ingin menjadi pemimpin di industri kopi dengan mengumpulkan semua varietas kopi terbaik di Indonesia," kata Hanafi.

BACA JUGA : Tak Dikunci Setang, Vespa Senilai Rp53 Juta Hilang di Parkiran Studio

Tim ekspediai diperkirakan akan menemui sejumlah tantangan karena jarak tempuh yang cukup jauh, kondisi jalan yang beragam, dan cuaca yang tidak menentu. Akan tetapi Yuniar menegaskan semangat untuk mengeksplorasi kopi Nusantara menjadi motivasi utama timnya. Ia berharap ekspedisi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri kopi Indonesia.

"Kami ingin kopi Indonesia semakin dikenal dan dihargai di kancah internasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Heboh Penemuan Gua di Lokasi Proyek JJLS Planjan Gunungkidul

Gunungkidul
| Rabu, 16 Oktober 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

7 Kegunaan Kreatif Bubble Wrap di Rumah Anda

Lifestyle
| Senin, 14 Oktober 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement