Menjajal Beragam Restoran Asia di Washington DC

Chicken Satay alias satai ayam, salah satu kuliner Asia di Washington DC, Amerika Serikat. - David Eka Setiabudi/JIBI/Bisnis Indonesia
14 Mei 2018 13:35 WIB David Eka Issetiabudi Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Membayangkan sedapnya tom yum, ataupun gurihnya pho mie, di tengah musim semi yang dingin di Washington DC, Amerika Serikat menjadi hal yang wajar. Sepekan di Washington DC pada pertengahan April lalu, suhu di ibu kota Pemerintahan Amerika Serikat yang berhasil membuat menggigil.

Bukan perkara sulit, jika hal itu terjadi di Tanah Air. Menu seperti bakso, soto atau mie instan menjadi pilihan. Sebagai penggantinya, dalam beberapa kesempatan penulis bersama rekan media lainnya, memilih restoran Asia sebagai tempat mengisi perut. Kami berkesempatan menjajal berbagai destinasi kuliner Asia, yang sayang jika dilewatkan.

Mai Thai

Restoran yang menjanjikan aneka masakan khas Thailand, dengan dipadu berbagai cocktail. Di restoran ini, Bisnis menjajal beberapa menu. Mulai dari tom yum mushroom, basil fried rice, chicken satay, shrimp asparagus, mixed vegetables jae, hingga sticy rice with mango.

Untuk minumannya, thai ice tea menjadi pilihan wajib jika berkunjung ke restoran thailand. Harus diakui, menu yang paling menggoda adalah srimp asparagus. Rasa udang yang segar, ditambah bumbu bawang putih yang gurih, membuat makan siang kala itu terasa mewah.

Nasi putih tidak menjadi pilihan, karena kebutuhan akan karbohidrat sudah dipenuhi dari nasi goreng basil. Kuah tom yang yang relatif pedas, ditambah komposisi merica yang kuat dalam nasi goreng, membuat thai ice tea yang dipesan lekas terkuras.

Rasa thai ice tea di restoran yang berada di bilangan 1200 19th Street. North West Washington DC, tidak terlalu manis tetapi terasa lembut saat meneguknya.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi restoran ini, setidaknya perlu menyiapkan kocek mulai dari US$20 untuk memperoleh menu pembuka, hidangan utama, penutup dan minuman. Bagi para penikmat cocktail, beragam pilihan minuman tersaji mulai dari US$8.

Mai Thai sendiri memiliki tiga cabang di Washington, yakni di daerah George Town, dan Dupont area. Untuk cabang yang Bisnis kunjungi, restoran ini cocok dipilih untuk para pebisnis yang memanfaatkan waktu makan siang sebagai ruang untuk rapat atau berdiskusi.


Bangkok 54

Restoran khas Thailand kali ini, berada di Virginia, tepatnya 2919 Columbia Pike Arlington. Luas restoran ini, tidak sebesar Mai Thai, tetapi memiliki kesan hangat dan cocok untuk dijadikan tempat makan malam keluarga.

Berbeda seperti di restoran sebelumnya, sticy rice with mango menjadi pilihan pertama, meski menu ini seharusnya menjadi hidangan penutup. Jika di Mai Thai rasa ketan santan yang dikolaborasikan dengan mangga ini Bisnis beri nilai 8, sedangkan di Bangkok mendapat poin 8,5.

Kualitas mangga yang matang, tetapi tidak lembek, terasa segar dipadukan dengan ketan berbalut saus kelapa.

Rasa ketannya pulen dan beraroma wangi, membuat pengunjung memesan porsi kedua.

Menu lain yang rasanya juga top markotop ialah tom yum. Satu porsi tom yum, berisi tiga buah udang besar, dengan tingkat kematangan yang pas dan tidak overcook. Harus diakui, makan di Bangkok 54 relatif terjangkau dibandingkan dengan Mai Thai.

Menurut pemandu yang mengantar kami ke restoran ini, Bangkok 54 menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengunjung untuk menikmati masakan khas Thailand dengan harga yang lebih miring. Hanya saja, memang memerlukan waktu sekitar 20 menit dari Washington ke Arlington untuk menemukan restoran yang dihiasi beragam pernak pernik tradisional Thailand.

Spices

Restoran ini sangat direkomendasikan bagi para pengunjung asal Indonesia ataupun Malaysia. Pasalnya, restoran yang sebagian besar mempekerjakan karyawan asal Indonesia, memiliki banyak menu pengingat rumah.

Terlepas dari itu, jika Anda mencari menu chinese food, vegan, dan gluten free, Spices menjadi satu pilihan menarik.

Disarankan, jika ingin merasakan sajian Spices, baiknya berkunjung malam hari. Lalu pilihkah pho bo. Kuah pho yang begitu gurih, dengan irisan daging sapi, terasa mantap disantap sewaktu cuaca dingin.

Di restoran ini, Bisnis menjajal general tao chicken, pho bo, tofu with mixed vegetables, sticky rice with mango dan ocha.

Jika melihat ulasan TripAdvisor, rata-rata ulasan mendapatkan bintang empat, dan empat setengah untuk pelayanan yang diberikan. Spices sendiri memiliki dua cabang di Washington DC.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia