Advertisement

Subang Punya Curuk Mandala yang Indah, Piknik ke Sana Yuk

Newswire
Minggu, 08 Juli 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Subang Punya Curuk Mandala yang Indah, Piknik ke Sana Yuk Curug Mandala, Subang, Jawa Barat/ist-Okezone (ridwanderful - Instagram)

Advertisement

Harianjogja.com, SUBANG—Curug Mandala di Subang, Jawa Barat selain indah juga tenang. Curug ini belum banyak didatangi wisatawan.

Curug Mandala terletak di Dusun Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Subang, Jawa Barat. Curug terletak di dalam hutan dan masih jarang dikunjungi. Bagi wisatawan yang menyukai ketenangan, tentu ini menjadi hal menarik.

Advertisement

Walaupun tinggi air terjun tidak seberapa, tapi suara aliran air di tengah hutan dapat memberikan ketenangan. Belum lagi pemandangan alam di sekitar curug sangat indah. Ada pula perkebunan teh yang terhampar luas dan berwarna kehijauan. Keunikan lain dari curug ini adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat.

Ya, wisatawan memang tidak hanya menemukan satu air terjun saja. Di bagian bawah, terdapat air terjun yang paling tinggi. Kemudian, di atas aliran tersebut wisatawan akan menemukan aliran air lain yang lebih pendek. Bila dilihat dari atas, bentuk air terjun ini seperti undakan tangga.

Menurut cerita yang beredar, air terjun ini dinamakan Curug Mandala karena dahulu kala ada seorang patih terkenal dari kerajaan di Tanah Pasundan bernama Patih Mandala. Patih tersebut sering bertama dan menghilang di sana. Dari situlah asal usul pemberian nama.

Bagi wisatawan yang hendak datang berkunjung tidak perlu merasa khawatir dengan fasilitas yang tersedia di air terjun. Sebab meskipun letaknya di tengah hutan, kawasan air terjun sudah dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII milik pemerintah dan Karang Taruna Panaruban. Di sana sudah terdapat fasilitas umum seperti toilet, mushola, taman, saung bambu untuk beristirahat, dan lahan parkir kendaraan.

Untuk menuju Curug Mandala hanya sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda empat memang aksesnya masih cukup sulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran 2024, Dispar Bantul Tambah Petugas TPR

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement