Belitung Punya Banyak Tempat Wisata, Tak Hanya “Laskar Pelangi”

Pulau Lengkuas. - ist/Youtube
05 Juli 2018 14:35 WIB Newswire Wisata Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, BELITUNG—Pulau Belitung, Provinsi Bangka mulai lebih moncer sejak Film Laskar Pelangi. Tempat-tempat bekas syuting film ini banyak dikunjungi wisatawan. Namun sebenarnya Belitung punya banyak tempat wisata menarik lainnya.  Berikut ini di antaranya.

Pulau Lengkuas

Namun, alangkah sayangnya jika berwisata ke Belitung hanya meninjau objek tersebut. Masih banyak lokasi-lokasi lainnya yang bahkan lebih indah lagi.

Salah satunya adalah Pulau Lengkuas yang menjadi ikon baru pariwisata ke Belitung.  Pemerintah setempat membuat slogan, Belum ke Belitung jika belum ke Pulau Lengkuas.

Kini pulau tersebut menjadi salah satu tujuan wajib para wisatawan yang pergi Belitung. Di Pulau Lengkuas masih berdiri tegak menara mercusuar yang dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1882. Sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai pemadu kapal yang masuk dan keluar melalui pelayaran laut Tanjung Binga dan sekitarnya.

Untuk memberikan sensasi mendalam kepada wisatawan, petugas akan senantiasa mempersilakan naik ke menara dengan ketinggian 70 meter itu. Tentu saja untuk dapat menaiki mercusuar tersebut disarankan memiliki kondisi fisik yang baik.

Rasa capai dan pegal akan hilang saat tiba di atas.  Wisatawan pun bisa melihat panorama laut yang sangat menakjubkan dan dipastikan akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan tidak terlupakan.

Selain menikmati pemandangan maka wisatawan bisa berenang di pantai pasir putih dan ombak yang tenang. Di sekitar pulau juga terdapat taman-taman laut dengan keanekaragaman biota lautnya.

Lebih menarik lagi, terdapat kapal "Indomarine" yang tenggelam pada tahun 1990 yang berjarak 0,5 mil laut bagian barat Pulau Lengkuas. Menyelam dengan kedalaman kurang lebih 19 meter, anda akan menemukan bangkai kapal tersebut dengan kondisi telah ditumbuhi karang dan menarik banyak jenis ikan.

Menurut brosur pariwisata setempat, tempat ini memiliki arus yang tidak terlalu deras dan jarak pandang 0-13 meter sehingga Anda akan mendapatkan sensasi menyelam yang memukau dan tak akan terlupakan.

Jika Anda menuju Pulau Lengkuas dari Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, maka akan banyak lokasi yang bisa dinikmati dan biasanya sudah menjadi satu paket perjalanan. Di Tanjung Kelayang sendiri, setiap Oktober dijadikan pusat titik labuh kapal layar para yachter yang tergabung dalam kegiatan Sail Indonesia.

Dari sini juga ada hal menarik karena tampak dengan jelas di tengah laut susunan batu yang terlihat seperti Kepala Garuda.  Biasanya, jika ingin ke Pulau Lengkuas maka wisatawan juga singgah di sini dan bisa juga berenang di pantai yang juga bersih.

 

Pulau Pasir

Pulau lain yang juga patut dikujungi adalah Pulau Pasir. Pulau ini cukup aneh karena hanya akan ada di waktu-waktu tertentu yakni di saat air surut. Jika pasang maka pulau akan tenggelam.

Pulau ini hanya hamparan pasir dan tidak ada tumbuhan maupun batu-batuan. Saat air laut surut maka Anda dapat berjemuar, berjalan-jalan dan tentu saja mengambil foto yang mungkin akan sulit ditemuai jika berada di tempat lain.

Yang menarik, wisatawan akan mudah menemui bintang laut berukuran besar, yang mungkin tidak sempat menuju laut saat air laut surut.

Waktu yang paling tepat menuju Pulau Pasir adalah bulan April hingga Juli. Pada saat itu, air sangat tenang. Selain itu Pulau Pasir akan terlihat sejak pagi hari sehingga wisatawan dapat lebih lama menikmatinya. Sementara pada bulan-bulan lainnya Pulau Pasir baru akan tampak pada sore hari.

Masih banyak tempat wisata lainnya di Belitung yang menarik, terutama wisata alamnya dan juga budayanya, seperti Pantai Penyabong,  Pantai Tanjung Pendam, dan Pulau Belayar.

Sumber : Antara

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia