Danau-Danau Kawah Ini Terkenal Indah di Dunia

Danau Kelimutu - Okezone
02 Februari 2019 08:35 WIB News Writer Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ada beberapa kawah danau yang terkenal indah di seantero dunia. Tentu saja salah satunya termasuk yang ada di Indonesia.

Berikut ini daftar kawah danau yang indah di beberapa negara seperti dilansir dari Wonderlist, belum lama ini:

Danau Kelimutu, Indonesia

Bagi Anda yang sudah pernah menyambangi Flores, Nusa Tenggara Timur, tentu sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Gunung Kelimutu. Gunung yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende ini memiliki sejumlah daya tarik di mata wisatawan.

Salah satunya Danau Tiga Warna. Sesuai dengan namanya, danau kawah ini memiliki tiga warna yang berbeda yaitu, merah (Tiwu Ata Polo), biru (Tiwu Ata Mbupu), dan hijau (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai). Kendati demikian, warna-warna tersebut cenderung berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Kendati demikian, Danau Kelimutu ternyata dinobatkan sebagai salah satu danau kawah terindah di dunia.

Danau Quilotoa, Ekuador

Danau Quilotoa berada di kawasan Andes, Ekuador. Danau kawah ini terbentuk dari kaldera di sekitaran gunung yang telah terisi air. Kaldera tersebut memiliki lebar hingga 3 km dan terbentuk ketika gunung berapi di paling barat Ekuador meletus sekira 800 tahun lalu. Sejak saat itu, air mulai menggenangi kaldera hingga membentuk danau dengan kedalaman 250. Warna air cenderung berwarna kehijauan karena kandungan mineralnya.

Danau Surga, Korea Utara

Heaven Lake atau Danau Surga adalah salah satu danau kawah yang paling menakjubkan di dunia. Danau ini terletak di perbatasan antara Korea Utara dan China. Menurut sejarahnya, Heaven Lake terbentuk di dalam sebuah kaldera di atas Gunung Baekdu akibat letusan yang besar pada 969 M. Danau ini memiliki ketinggian permukaan hingga 2.189 m. Keindahannya semakin terlihat sangat memukau di musim dingin, karena bagian atasnya akan tertutup tumpukan salju.

Danau Taupo, New Zealand

Danau Taupo terletak di Pulau Utara, Selandia Baru. Danau ini memiliki luas permukaan hingga 616 km persegi yang menjadikannya sebagai danau terbesar di negara tersebut. Kedalamannnya digadang-gadang mencapai 186 m, di mana airnya berasal dari Sungai Waikato, sungai terpanjang di Selandia Baru. Danau Taupo terletak di sebuah kalder yang terbentuk dari letusan supervolcanik sekitar 26.500 tahun lalu.

Danau Kawah Okama, Jepang

Okama adalah danau kawah yang terletak di Goshiki-dake, bentuknya menyerupai kerucut yang juga masuk dalam kelompok Gunung Zoa di Honshu, Jepang. Danau Okama juga dikenal sebagai salah satu danau paling indah di dunia karena dihiasi oleh kolam lima warna.

Air danau ini bisa berubah-ubah tergantung pada cuaca di sektiarnya. Menurut sejarah, Danau Okama terbentuk pada tahun 1720-an akibat letusan gunung berapi. Diameternya mencapai 360 m dengan kedalam 60 m.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia