Tempat Wisata Edukasi di Bogor yang Cocok Anak-anak

12 Oktober 2019 14:57 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kota hujan, Bogor memang terkenal akan objek wisata alamnya yang sangat menawan. Tak hanya wisata alam, kota hujan ini juga menawarkan banyak wisata lain tak kalah menariknya. Ada tempat wisata kuliner maupun wisata edukasi yang dapat menambah wawasan wisatawan yang berkunjung, terutama untuk anak-anak.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Bogor bersama keluarga dan anak-anak tercinta kamu bisa mengunjungi tempat wisata edukasi anak-anak ini. Penasaran dengan tempat wisata tersebut? Yuk simak beberapa tempat wisata di bogor yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan menambah wawasan anak-anak berikut ini.

Little Venice di Kota Bunga, Puncak Bogor

Little Venice adalah sebuah danau buatan yang dibangun mirip dengan kota Venice yang ada di Italia. Bahkan tidak hanya danaunya saja yang dibuat mirip. Semua bangunan yang ada di sekitar danau dan pemandangan yang terlihat, didesain menyerupai bentuk serta pemandangan asli kota Venice. Namun tahukah kamu? Bahwa Little Venice ini merupakan wahana baru dari Kota Bunga yang ada di Puncak Bogor. Kota Bunga sendiri adalah sebuah kompleks perumahan dan villa yang cukup terkenal di Puncak Bogor.

Di Little Venice ini, kamu dapat menemukan berbagai macam wahana permainan yang cukup menarik. Seperti halnya perahu bebek, dan sepeda untuk anak-anak. Di sini kamu juga dapat merasakan sensasi menaiki kapal bernuansa western, dan menikmati keindahan sekelilingnya menggunakan Mississippi Boat Ride. Ada juga sebuah taman bunga yang indah dan dapat dijadikan background foto yang tentunya sangat menarik. Sehingga tempat ini, akan sangat cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang gemar foto, maupun anak-anak kecil yang gemar berpetualang. Terlebih lagi Little Venice memiliki bangunan-bangunan yang memiliki desain yang begitu menarik, seperti rumah khas berbagai negara di Asia, Amerika, sampai Eropa.

Taman Wisata Mekarsari

Siapa sih yang tidak tahu dengan taman buah satu ini? Taman Wisata Mekarsari adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang ramah dikunjungi anak-anak. Taman buah terbesar di Indonesia ini juga memberikan edukasi penting kepada anak-anak tentang cara penanaman buah dan sayuran. Bahkan anak-anak diperbolehkan untuk memetik sayuran dan buah-buahan yang diinginkan serta membawanya pulang.

Selain mengusung tema edukasi, reboisasi dan konservasi sehingga anak-anak bisa belajar tentang buah, sayuran dan alam, Taman Wisata Mekarsari juga mengusung tema rekreasi. Anak-anak bisa belajar sambil bermain ketika mengunjungi taman ini. Bahkan di taman wisata ini, telah disediakan banyak wahana outbound yang sangat menarik. Seperti halnya floating donut, banana boat, perahu bebek, serta beragam permainan menyenangkan lainnya.

Kampung Budaya Sindangbarang

Selain wisata edukasi tentang alam, di Bogor juga terdapat wisata budaya yang tidak kalah menarik. Wisata edukasi budaya ini ada di desa Sindangbarang, Tamansari. Di desa ini, kamu akan menyaksikan kampung tempo dulu dengan jalan-jalan setapak. Kamu juga dapat melihat serta belajar tentang delapan kebudayaan Sunda yang menjadi daya tarik utama kampung budaya ini.

Namun, jika kamu beruntung kamu juga dapat menyaksikan secara langsung upacara adat, Seren Taun yang dilakukan oleh penduduk setempat. Bahkan jika kamu ingin mendalami kesenian di sini, kamu bisa tinggal bersama penduduk sekitar, ketua adat atau bahkan para seniman tradisional. Di kampung budaya ini, juga terdapat bukit-bukit berundak yang menjadi peninggalan sejarah dari kerajaan Pajajaran. Bagaimana paket wisata edukasi yang komplit, bukan?

Kebun Raya Bogor

Objek wisata di Bogor yang selalu ramai pengunjung ini, sangat cocok untuk dijadikan sebagai wahana edukasi bagi anak-anak. Di Kebun Raya Bogor terdapat Museum Zoologi yang cocok untuk menambah wawasan si kecil tentang hewan. Bahkan di sini kamu juga bisa mengajarkan si kecil untuk menjadi lebih berani dan mengenal hewan dengan memberikan makan rusa-rusa di Istana Bogor yang masih dekat area Kebun Raya Bogor.

Udara di objek wisata satu ini, juga sangat sejuk. Sehingga mampu membuat pengunjung merasa betah berlibur ke tempat wisata ini. Sejuknya udara di Kebun Raya Bogor, diakibatkan adanya sekitar 15.000 jenis pohon yang ditanam di area Kebun Raya. Jadi selain menambah edukasi tentang hewan, berlibur ke Kebun Raya Bogor juga dapat memberikan wawasan tentang berbagai jenis pohon.