KABAR WISATA: Kalinampu Ditutup Karena Musim Hujan, Netizen Tak Kuasa Menunggu Tahun Depan

Kondisi wisata Kalinampu Natural Park yang tergenang banjir akibat musim hujan. - @Instagram.
27 Oktober 2020 21:17 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ingin berwisata dengan memakai baju Kimono dan suasana Jepang, tak perlu jauh-jauh ke negeri Sakura tersebut. Anda bisa menikmati wisata ala Jepang ini dengan datang ke Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Pundong, Bantul. Tempat wisata menyajikan alam dengan hamparan bunga enceng gondok di Sungai Opak ini menjadi viral di linimasa selama beberapa bulan terakhir.

Tetapi tempat wisata yang diberinama Kalinampu Natural Park ini ditutup sementara karena memasuki musim hujan sehingga ada aliran air di sepanjang Sungai Oya dan tidak kondusif untuk pengunjung. Penutupan Kawasan wisata ini diinformasikan melalui akun Instagram @kalinampunaturalpark pada Selasa (27/10/2020).

BACA JUGA : Objek Wisata Makin Ramai, Wisatawan Non-DIY Mendominasi

“Bagi kalian yang belum sempat kesini dan yang sudah mengagendakan untuk datang ke @kalinampunaturalpark Mohon untuk ditunda sampai pemberitahuan buka lagi ya. Dikarenakan lokasi wisata sedang tidak kondusif (banjir). Sampai Jumpa di Musim depan. Atas Perhatiannya kami ucapkan terimakasih,” tulis akun @kalinampunaturalpark.  

Sejumlah netizen sudah menjadwalkan untuk berkunjungan ke kawasan wisata tersebut pun memberikan respons di kolom komentar sembari menuliskan tanda sedih.

“Yahh, padahal meh otw,” kata akun @ulalabae89 sembari menyertakan tanda sedih.

“Aduh min baru rencana mau kesana. Kira-kira kapan min buka lagi?,” tanya akun @m_taufiq_ar.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Wisatawan asal Pulau Jawa Masuk

Pertanyaan itu pun ditanggapi oleh admin @kalinampunaturalpark.

“@m_taufiq_ar sampai ketemu tahun depan,” jawab @kalinampunaturalpark.

“@kalinampunaturalpark lah? Seriusan bukanya tahun depan lagi min???,” tanya “@m_taufiq_ar lagi.

“@m_taufiq_ar semoga masih diberi kesempatan lagi,” jawab @kalinampunaturalpark

“@kalinampunaturalpark kalau kangen gimana?,” tulis akun m_taufiq_ar sembari menautkan gambar tanda sedih.

“Kami seluruh Warga Dusun Kalinampu dan IMMIKA (pengelola) mengucapkan banyak terimakasih sudah ikut meramaikan Objek Wisata kami. Semoga di Musim Depan bisa berjumpa Kembali, Aamiin. Salam Hangat dari Kami #kalinampunaturalpark. banyak kekurangan Mohon di Maafkan,” tulis akun Instagram @kalinampunaturalpark disertai unggahan video banjir.

BACA JUGA : Perlahan Tapi Pasti, Kunjungan Wisatawan ke Sleman Terus

Kalinampu Natural Park  awalnya hanya aliran sungai dengan jutaan enceng gondok. Namun karena pemuda desa setempat yang kreatif kemudian menyulapnya menjadi tempat wisata yang banyak diminati pengunjung untuk berfoto ala Jepang.

Para pemuda mengikat tumbuhan Enceng Gondok tersebut agar tidak terbawa arus dan tetap berada di lokasi titik wisata tersebut. Sejumlah properti ala Jepang pun disiapkan di lokasi. Tempat wisata ini mulai dibuka sejak 7 Oktober 2019 silam, namun pengunjungnya busa mencapai ratusan per harinya. Kalinampu juga beberapa sempat viral di media sosial sehingga makin membuat banyak orang masyarakat penasaran dan akhirnya berkunjung.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kalinampu, bisa lewat Jalan Parangtritis. Setelah sampai melewati Jembatan Kretek beberapa meter kemudian ada pertigaan ke kiri arah Siluk. Selanjutnya sekitar lima kilometer ada sebuah gapura dengan tulisan Dusun Kalinampu. Gapura ini menjadi pintu masuk menuju Kawasan wisata Kalinampu Natural Park.

BACA JUGA : Ini Dia, 18 Destinasi Wisata di Kulonprogo yang Dapat

Tiket masuk sebesar Rp3.000, anda sudah bisa menikmati hamparan Enceng Gondok. Jika ingin berfoto dengan baju Kimono bisa menyewa dengan tarif Rp25.000 untuk penggunaan sekitar 30 menit. Kemudian penyewaan kipas dan paying tidak ditarif namun pengunjung bisa membayar seikhlasnya dengan waktu pemakaian sekitar 15 menit. Pengelola juga menyediakan perahu untuk disewa dengan tarif Rp10.000 per orang.   

Sayangnya harus menunggu musim kemarau tahun depan untuk bisa berkunjung ke Kalinampu dengan suasana yang benar-benar aman. Mengingat di musim hujan, Sungai Oya volume airnya cukup tinggi.