Advertisement

Orang Tetap Akan Traveling di Akhir Tahun 2020 meski Pandemi Belum Berakhir

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 23 November 2020 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Orang Tetap Akan Traveling di Akhir Tahun 2020 meski Pandemi Belum Berakhir Ilustrasi - Julemag

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Banyak orang berencana melakukan perjalanan wisata (traveling) pada akhir tahun meski pandemi Covod-19 belum berakhir.

Pegipegi melakukan survei untuk mengetahui perilaku traveling akhir tahun masyarakat Indonesia yang dilaksanakan pada 9 - 16 November 2020 dengan lebih dari 1.490 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Berdasarkan survei tersebut, Pegipegi berhasil mengetahui 5 fakta menarik, di antaranya adalah:

Advertisement

Survei yang dilakukan Pegipegi menemukan, ada 75 persen masyarakat Indonesia berencana untuk liburan akhir tahun 2020. Hal ini menandakan bahwa sebagian besar masyarakat berkeinginan untuk kembali bepergian bertepatan dengan momen liburan akhir tahun yang mempunyai tanggal merah dari tanggal 24 Desember 2020 - 1 Januari 2021.

Berdasarkan data internal Pegipegi, pada periode libur panjang akhir Oktober lalu, terjadi peningkatan pemesanan hotel dan tiket pesawat hingga dua kali lipat dibandingkan periode new normal pada hari biasa. Data tersebut sejalan dengan hasil survei keinginan masyarakat untuk traveling pada periode akhir tahun 2020 ini. Pegipegi memprediksi pada periode libur akhir tahun nanti, tren traveling akan kembali meningkat secara signifikan.

Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat yakin untuk melakukan traveling kembali, di antaranya adalah patuh akan protokol kesehatan sebesar 66 persen, percaya tempat yang akan dikunjungi telah menerapkan protokol kesehatan sebesar 65 persen, merasa dalam keadaan sehat sebesar 31 persen. Beberapa di antara responden juga mengatakan bahwa mereka membutuhkan refreshing setelah dalam periode waktu yang lama menjalani karantina mandiri.

Bagi masyarakat yang berencana untuk traveling pada periode akhir tahun, sebanyak 45 persen memilih untuk bepergian keluar kota menggunakan mobil atau kendaraan pribadi lainnya. Disusul oleh bepergian ke luar kota menggunakan pesawat terbang sebanyak 30 persen, staycation di hotel dalam kota sebanyak 11 persen, ke luar kota menggunakan kereta sebanyak 10 persen, dan ke luar kota menggunakan bus atau travel sebanyak 4 persen. Berdasarkan data tersebut, dapat diprediksi bahwa destinasi yang dekat dengan kota domisili akan menjadi favorit pada liburan akhir tahun nanti.

Untuk pemesanan tiket perjalanan, sebagian besar responden yaitu sebanyak 60 persen memilih melakukan pemesanan tiket perjalanan pulang pergi sekaligus. Sedangkan 40 persen responden memilih untuk memesan tiket satu rute saja. Terdapat perbedaan yang tidak terlalu jauh di antara kedua pilihan tersebut.

Berdasarkan data internal Pegipegi pada long weekend akhir Oktober lalu, sebagian besar masyarakat lebih memilih last minute booking atau rata-rata di bawah satu minggu sebelum hari H keberangkatan. Hal ini kemungkinan besar memengaruhi rencana pemesanan tiket pesawat untuk satu rute terlebih dahulu, mengingat periode libur akhir tahun yang mencapai total sembilan hari.

Adapun Jakarta, Medan, Makassar, Surabaya, dan Bali menjadi 5 rute terfavorit pada periode long weekend Oktober lalu. Pada periode libur akhir tahun nanti, Pegipegi memprediksi bahwa destinasi wisata domestik di kota-kota besar seperti Jogja, Bandung, dan Bali akan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Berpuasa di Musim Hujan, Gunakan Ramuan Jahe untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement