Ini Kolam Renang Terdalam di Dunia

Ilustrasi kolam renang - JIBI/Bisnis.com
04 Desember 2020 12:17 WIB Mia Chitra Dinisari Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Polandia baru saja membuka kolam renang terdalam di dunia.

Dengan kedalaman lebih dari 45 meter (sekitar 148 kaki) Deepspot diklaim sebagai kolam renang terdalam di dunia, berisi 8.000 meter kubik air - lebih dari 20 kali lipat kolam 25 meter.

Penyelam scuba dapat terjun ke kolam renang baru tanpa menginjakkan kaki di lautan berkat fasilitas bernilai jutaan dolar itu.

Kolam ini ditujukan sebagai tempat pelatihan dan latihan untuk penyelam dari semua tingkatan, biaya pembangunannya diperkirakan US$10,6 juta dengan proses konstruksi memakan waktu lebih dari dua tahun.

Struktur yang mengesankan ini dilengkapi dengan simulasi "lubang biru" yang mengalir ke titik terdalam, dan bahkan berisi bangkai kapal kecil, serta gua bawah air buatan dan reruntuhan Maya untuk dijelajahi oleh penyelam.

"Tidak ada ikan atau terumbu karang yang luar biasa di sini, tapi ini jelas merupakan tempat yang bagus untuk belajar dan berlatih agar bisa menyelam dengan aman di perairan terbuka," kata instruktur selam Polandia Przemyslaw Kacprzak dilansir dari CNN.

Lokasinya terletak di kota Mszczonow, kurang dari 30 mil dari Warsawa.

Ada juga terowongan bawah air untuk penonton. Bahkan, rencananya, akan dibuat hotel dengan kedalaman lima meter mulai 14 Desember.

Deepspot diizinkan untuk dibuka meskipun ada peraturan Covid-19 yang ketat di Polandia, karena ini adalah pusat pelatihan yang menyediakan kursus daripada kolam renang standar.
Sementara itu terutama ditujukan untuk penyelam scuba, direktur Michal Braszczynski mengatakan kepada AFP bahwa fasilitas itu juga dapat digunakan sebagai pusat pelatihan bagi petugas pemadam kebakaran dan angkatan bersenjata.

Penggemar menyelam Braszczynski juga memiliki FlySpot, simulator skydiving dalam ruangan populer yang berbasis di Warsawa West County, Polandia. Sampai saat ini, Y-40 Deep Joy, di Hotel Millepini, dekat Venesia, Italia dikenal sebagai kolam renang terdalam di dunia karena kedalamannya yang mencapai 42 meter.

Namun, Deepspot telah merebut gelar tersebut, meskipun tidak untuk waktu yang lama. Blue Abyss sedalam 50 meter, yang saat ini sedang dibangun di Colchester, Inggris akan mengklaim rekor selanjutnya.

Fasilitas canggih, yang dirancang oleh arsitek Robin Partington, dijadwalkan untuk dibuka tahun ini, tetapi ini telah diundur hingga akhir 2022 atau awal 2023 karena pandemi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia