Ini 5 Bandara Terkecil di Dunia

Juancho Yrausquin
05 Juli 2021 21:17 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kemewahan bandara dapat terlihat dari arsitekturnya dan luasnya. Namun tidak semua bandara di dunia memiliki arsitektur yang mewah.

Terdapat beberapa bandara di dunia yang memiliki ukuran yang kecil, namun tentunya kita tetap dapat melihat penerbangan lepas landas dan mendarat dengan mudah. Bahkan, dengan ukuran bandara yang terlalu kecil hanya terlihat sebagai landasan pacu. Dilansir dari timestravel pada Minggu (05/06/21), berikut beberapa bandara terkecil di dunia.

1. Bandara Juancho Yrausquin

Bandara Juancho Yrausquin, merupakan landasan komersial terpendek di dunia di Pulai Saba, Karibia. Hanya seperempat mil, membuat pesawat jet dilarang untuk menggunakan landasan pacu. Satu-satunya maskapai penerbangan yang melayani bandara ini adalah Windaur, yang mengoperasikan dua penerbangan harian ke Saint Martin dan Saint Eustatius di dekatnya, yang dapat dicapai dengan pesawat dalam waktu kurang dari 15 menit.

2. Bandara Internasional Moshoeshoe I

Dilansir dari centerofaviation, bandara ini terletak 18km tenggara kota, yakni melayani wilayaj Maseru, Mazenod dan bandara ini doperasikan oleh Departemen Penerbangan Sipil. Berdasarkan dari informasi tripmon, landasan pacu terpanjang dari bandara ini yakni sekitar 3.200 ribu meter.

3. Bandara Barra

Pantai Traigh Mhor di Barra, merupakan satu-satunya landasan pacu pantai di dunia yang menangani layanan penerbangan terjadwal. Bandara ini buka selama beberapa jam sehari, yakni dimulai dari hari Senin hinga hari Jumat. Hal ini dikarenakan bandara tersebut melihat kondisi cuaca yang tidak stabil, serta jam keberangkatan dan penerbangan yang tidak stabil.

Walaupun Bandara Barra berlokasi di daerah terpencil, bandara ini menyediakan berbagai fasilitas dasar seperti sewa mobil, layanan parkir mobil, dan berbagai layanan lainnya.

4. Bandara Kota Morgantown

Bandara ini digunakan untuk tujuan penerbangan umum, dan dilayani oleh satu maskapai komersial yakni United Airlines yang menghubungkan kota Clarksburg dan Bandara Internasional Washington Dulles di Washington DC. Landasan pacu bandara ini hanya sepanjang 0,5 mil atau setara dengan 0,5 km, dan dengan mudah melihat pesawat lepas landas dan mendarat di restoran tersebut. Selain restoran, bandara ini juga menyediakan fasilitas kafe, tempat parkir mobil, dan wifi gratis.

5. Bandara Tenzing-Hillary, Nepal

Bandara ini terletak di Lukla, desa kuno di Nepal yang sering dipilih oleh pengunjung sebagai titik awal trekking mereka ke gunung Everest. Bandara ini termasuk kedalam fagtar dikarenakan memiliki landasan pacu yang cenderung pendek, dan menjadi tantangan bagi pilot.

Sumber : Bisnis.com