Sejenak Melepas Penat di Embung Potorono

Wisatawan bermain kano di Embung Potorono. - Instagram @pemkabbantul
25 September 2021 08:27 WIB Lajeng Padmaratri Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Selain menawarkan keindahan alam yang beragam, DIY juga memiliki wisata rekreasi yang nyaman dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya Embung Potorono di Bantul yang cocok disambangi saat ingin rehat dari rutinitas.

Tak jauh dari Kota Jogja, terdapat telaga buatan bernama Embung Potorono yang menarik dikunjungi. Lokasinya berada di Dusun Salakan, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Bantul.

Embung ini dibangun sejak 2017 oleh pemerintah setempat untuk menjamin ketersediaan air di Potorono saat musim kemarau. Ternyata, selain diperuntukkan sebagai telaga, Embung Potorono juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata alternatif yang menarik.

Jika berkunjung dari Kota Jogja, Anda perlu menempuh perjalanan ke arah timur sekitar 30 menit. Lokasi ini cocok dikunjungi saat pagi maupun sore hari.

Telaga Potorono menawarkan pemandangan yang eksotis dengan udara yang sejuk. Selain itu, tempat ini sangat cocok untuk wisata rekreasi alternatif bagi keluarga.

Embung Potorono memiliki area yang cukup luas, yaitu sekitar 4.800 meter persegi. Danau ini dibangun di atas lahan Wanadesa seluas 30.000 meter persegi.

Area Embung Potorono dikelilingi jalanan aspal sebelar satu meter. Tak jarang, banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berolahraga.

Di sekitar telaga terdapat enam buah gazebo untuk pengunjung. Sehingga tak perlu khawatir lagi jika ingin bersantai dengan duduk-duduk di tepi telaga.

Seorang anak bersantai di salah satu gazebo yang ada di tepi Embung Potorono./Harian Jogja-Arief Junianto

Favorit Anak-Anak

Tak hanya orang dewasa, embung ini juga ramai dihiasi keceriaan anak-anak yang berkunjung. Mereka biasanya datang bersama orang tua pada sore hari untuk rekreasi murah-meriah di tepi telaga.

Para orang tua bisa melepas penat dengan melihat keindahan alam di sini sambil menemani anak-anaknya bermain. Di salah satu sisi lokasinya, terdapat wahana bermain yang ramai diperebutkan oleh pengunjung anak-anak.

Tak hanya itu, anak-anak juga gemar menikmati sore hari di sini lantaran bisa melihat ratusan ikan di dalam embung. Mereka bahkan bisa memberi makan ikan dengan membeli pakan pada pedagang di sana seharga Rp2.000. Aktivitas menonton ikan berenang di air menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak.

Jika lapar, jangan khawatir. Sebab, saat ini banyak pedagang jajanan yang terdapat di sekitaran Embung Potorono. Selain itu, biaya masuk embung ini juga masih terjangkau lantaran hanya membayar biaya parkir kendaraan.