Mengenal Ruang Anechoic, Tempat Paling Sunyi di Dunia

Anechoic chamber Minneapolis
15 November 2021 22:57 WIB Intan Riskina Ichsan Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA— Dikembangkan oleh Microsoft, Ruang Anechoic di Labororium Orfield terletak di Minneapolis, Amerika Serikat. Anechoic memiliki arti tidak ada gema karena ruangan menyerap 99,99 persen suara ini.

Dijuluki sebagai tempat paling sunyi di dunia oleh Guinnes World Records, tempat ini berukuran 9 desibel. Itu terbuat dari baji akustik fiberglass setebal 3,3 kaki dan dinding ganda dari baja berinsulasi dan beton setebal kaki.

Tempat ini sering digunakan untuk pengujian dan pengembangan produk. Harley Davidson misalnya, menguji bagaimana suara motornya di sini. Beberapa produk lain seperti layar LED diuji untuk memastikan volumenya. Bahkan NASA, menguji astronotnya di sini.

Untuk mengunjungi ruangan ini, pengunjung diperbolehkan masuk untuk kunjungan singkat dengan pengawasan. Kebanyakan mereka seolah “tersiksa” dengan kesunyian yang ada bahkan mereka bisa mendengar suara detak jantung mereka sendiri saking sunyinya.

Saat telinga beradaptasi dengan keheningan, suara detak jantung, perut, dan paru-paru adalah satu-satunya referensi. Maka dari itu kamu bisa benar-benar mendengar suara tubuhmu sendiri di sini.

BACA JUGA: Bocoran Kenaikan UMP di DIY, Ini Kata Sekda

Labororium Orfield memiliki reservasi mulai Senin sampai Jumat. Waktu minimum untuk tantangan diam di ruangan ini untuk menembus rekor adalah satu jam, berlaku kelipatan. Sertifikat waktu yang dicapai akan dikirimkan kepada para penantangnya.

Sebelum masuk ke ruangan ini, jangan mendengar suara keras selama seminggu sebelum kunjungan. Karena suara keras dapat menyebabkan Pergeseran Ambang Batas Sementara (Temporary Threshold Shift/TTS) yang akan mengurangi sensitivitas pendengaranmu.

Rekor saat ini dengan berdiam diri di dalam ruangan dengan lampu menyala adalah dua jam, sementara rekor dengan lampu yang dimatikan baru saja berhasil Agustus 2021 lalu dengan durasi dua jam pula. Adapun satu-satunya cara bertahan lama di ruangan ini adalah dengan duduk.

Untuk memesan tur, kamu bisa menghubungi info@orfieldlabs.com untuk informasi terbaru. Biaya tur minimal $250 perorang atau Rp3.551.925.

Sumber : Bisnis.com