Dongkrak Kuliner Lewat Menoreh Food Festival

Bupati Kulonprogo Sutedjo saat meninjau Menoreh Food Festival yang digelar di Plaza Kuliner Glagah, kapanewon Temon, Kulonprogo, pada Minggu (21/11/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo.
22 November 2021 10:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Wisata Share :

Harianjogja.com, TEMON--Sebanyak 15 peserta mengikuti Menoreh Food Festival yang digelar di Plaza Kuliner Glagah, kapanewon Temon, Kulonprogo, pada Minggu (21/11/2021). Festival yang digelar untuk mendongkrak kuliner khas Kulonprogo tersebut digelar selama dua hari yakni 20 sampai dengan 21 November 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito, mengatakan hari pertama pelaksanaan Menoreh Food Festival digelar di Dapur Khayangan dengan mengusung tema kuliner lokal yang berada di wilayah utara Kulonprogo. Sedangkan, hari kedua dilaksanakan di Plaza Kuliner Glagah.

"Tujuan dari digelarnya Menoreh Food Festival adalah untuk mendorong kreativitas yang dimiliki oleh sejumlah pelaku kuliner di Kulonprogo dalam menawarkan menu beragam yang berasal dari kuliner khas Kulonprogo. Sehingga, wisatawan datang ke Kulonprogo tidak hanya menikmati objek wisatanya, namun juga kuliner khasnya," kata Joko saat dikonfirmasi pada Minggu (21/11/2021).

Dikatakan Joko, sejak hari pertama pelaksanaan Menoreh Food Festival puluhan peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias tinggi. Dikarenakan, dua orang chef ternama yakni Chef Aiko dan Chef Muto dihadirkan sebagai juri dalam festival tersebut.

"Total ada 30 peserta yang mengikuti kegiatan Menoreh Food Festival. Harapannya, Menoreh Food Festival menghadirkan minat baru wisatawan untuk berkunjung ke Kulonprogo yang tidak hanya menyimpan pemandangan alam yang bagus. Namun, juga kuliner yang enak dam berkualitas," ungkap Joko.

Sementara itu, Chef Aiko yang berkesempatan hadir menjadi juri dalam Menoreh Food Festival mengatakan acara yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Kulonprogo merupakan upaya strategis dari Pemkab Kulonprogo untuk memperkenalkan kuliner khas wilayah bumi binangun.

"Menu yang disajikan oleh peserta yang mengikuti kegiatan Menoreh Food Festival tergolong unik dan enak. Selain layak untuk dijual dan dikonsumsi oleh wisatawan, peserta juga mampu menumbuhkan ide-ide membuat masakan yang mampu dikembangkan menjadi sejumlah varian makanan. Semoga acara seperti ini bisa digelar setiap tahun," ungkap Chef Aiko.

Salah satu peserta Menoreh Food Festival, Galih Haryo Prabowo, 26, warga Kulonprogo mengatakan ia dan tim membuat sejumlah makanan seperti Avocado Salad with Shirmp, brevereg berupa Penaple Mojito. Untuk hidangan utama, ia menghidangkan ikan Kakap dengan Bumbu Saus Padang serta desert berupa Fried Banana's with Sweet Ice Cream.

"Kami berusaha untuk menggunakan sejumlah bahan makanan yang berasal dari wilayah selatan Kulonprogo udang dan makanan ikonik khas Kulonprogo yakni geblek. Acara seperti mampu menumbuhkan kreativitas pelaku kuliner di Kulonprogo agar selalu kreatif dalam menghadirkan menu-menu unik," kata Galih.