Advertisement

Mau Imlekan di Jogja? Ini Dia Tempatnya...

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 31 Januari 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mau Imlekan di Jogja? Ini Dia Tempatnya... Umat memanjatkan doa menyambut Imlek, di Kelenteng Fuk Ling Miau di Gondomanan, Kamis (11/2/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-1 Februari 2022 besok merupakan hari libur nasional Tahun Baru Imlek. Daerah-daerah di Indonesia, sudah mempersiapkan perayaan tahun baru kaum keturunan Tionghoa ini dengan meriah, salah satunya Jogja.

Kemeriahan itu bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat, minimal ikut menggunakan dekorasi Imlek sebagai spot foto menarik yang hasil jepretannya bisa diposting di media sosial.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Nah, Jogja sendiri memiliki beberapa titik keramaian Imlek yang bisa kita datangi.

Berikut ini tempat-tempat menarik di Jogja yang menyajikan suasana Imlek yang meriah:

1. Kelenteng Gondomanan

Kelenteng Fuk Ling Miau atau yang lebih dikenal dengan Kelenteng Gondomanan beralamat di Jalan Bridgen Katamso No 3, Gondomanan, Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari Titik Nol Jogja. Posisinya yang berada di pinggir jalan raya memudahkan pengunjung untuk sekadar mampir menyaksikan perayaan Imlek di dalamnya.

Menjelang Imlek, sederet kegiatan sudah tersusun di Kelenteng ini. Mulai dari menghias kelenteng dengan warna serba merah dan kuning emas khas warga Tionghoa, hingga kegiatan doa-doa. Pengunjung yang datang untuk berwisata biasanya mengambil spot depan kelenteng untuk berswa foto.

2. Kelenteng Poncowinatan

Kelenteng Tjen Ling Kiong di daerah Poncowinatan ini berada persis di belakang Pasar Kranggan Jogja. Meski jauh dari jalan raya, kelenteng tempat peribadatan umat Khonghucu ini ramai dikunjungi umatnya setiap menjelang Imlek.

Lampion-lampion sudah terpasang. Kegiatan mencuci rupang dewa-dewi juga sudah terlaksana sebagai sarana pencucian. Warga yang datang untuk berwisata atau bahkan ingin mempelajari tradisi umat Khonghucu sangat disambut baik di sini karena pengurus kelenteng bernama Margo Mulyo selalu standby setiap hari untuk memberikan banyak informasi. Beberapa spot Kelenteng Poncowinatan juga bisa dijadikan lokasi mendapatkan foto terbaik.

Advertisement

3. Kampung Ketandan

Lokasinya berada di area Malioboro, tepatnya sisi utara Pasar Beringharjo. Kampung ini selalu ramai karena banyak diisi warga Tionghoa yang berjualan perhiasan. Di Kampung Ketandan ini juga masih banyak rumah kuno khas Tionghoa yang dilestasrikan hingga saat ini.

Sebelum pandemi Covid-19, Tahun Baru Imlek selalu dimeriahkan dengan even tahunan PBTY yaitu Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Sepanjang jalan di Kampung Ketandan akan diisi penjual jajanan khas Tionghoa. Di panggung utama juga ditampilkan beragam kesenian dari negeri China.

4. Kampung Pajeksan

Kampung Pajeksan juga menjadi salah satu daerah pecinannya Jogja. Di sini banyak warga berketurunan Tionghoa yang tinggal sejak lama.

Advertisement

Kampung ini biasanya akan meriah saat perayaan Cheng Beng, yakni perayaan ziarah kubur bagi warga Tionghoa.

5. Mal

Pusat perbelanjaan di Jogja seperti mal juga tak kalah menjadi tempat favorit untuk merayakan Imlek. Sebab, saat ini sudah banyak mal yang turut menghadirkan acara-acara Imlek.

Selain dari dekorasi mal yang bernuansa budaya Tionghoa, atraksi liong barongsai juga kerap ditampilkan untuk menghibur masyarakat Jogja yang ingin ikut menikmati suasana tahun barunya warga Tionghoa.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cegah Longsor di Bukit Bintang, Bahu Jalan Akan Diperkuat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement