Advertisement

Wisata Murah Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Bertingkat Enam di Sleman

Daffa Firdaus Najati/ST20
Minggu, 27 Februari 2022 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Wisata Murah Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Bertingkat Enam di Sleman Grojogan Watu Purbo, wisata murah di Sleman. - Instagram @grojogan_watupurbo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DIY memiliki banyak pilihan wisata yang wajib dikunjungi. Selain wisata pantai, bukit, dan wisata kota, DIY juga memiliki wisata air terjun.

BACA JUGA: 5 Tempat Sarapan Enak di Jogja, Ada Soto hingga Gudeg

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Salah satunya adalah air terjun Grojogan Watu Purbo yang berlokasi di Desa Bangunrejo, Tempel, Sleman. Air terjun ini memiliki bentuk yang tidak biasa karena membentuk terasering bertingkat enam dan dialiri dengan air terjun kecil.

Grojogan Watu Purbo merupakan air terjun buatan yang semula digunakan untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Merapi. Alirannya berasal dari Kali Krasak dan Kali Bebeng, yang diketahui sering terdampak aliran lahar dingin pasca erupsi.

Pada tahun 1957, pemerintah kemudian membuat terasering yang difungsikan sebagai sabo, sebuah sistem penahan aliran lahar. Enam tingkatan di Grojogan Watu Purbo ini merupakan bentukan sabo, sementara bebatuan besar di sekitarnya merupakan batuan alami.

Bertahun-tahun Grojogan Watu Purwbo tidak dirawat, akhirnya oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat berinisiatif untuk mengelolanya menjadi tempat wisata dan pada 2017 mereka resmi memperkenalkan dan membuka tempat ini menjadi objek wisata baru.

Grojogan Watu Purbo memiliki banyak spot foto karena pemandangannya menawarkan keindahan alam yang menawan. Pepohonan hijau yang melingkari Grojogan Watu Purbo membuat tempat ini terasa sejuk. Selain itu, jika pengunjung suka berkemah. Pengelola tempat ini menyediakan lokasi khusus untuk berkemah, lokasinya tidak jauh dari air terjun.

BACA JUGA: Panduan Berwisata di Bukit Klangon, Spot Favorit di Lereng Gunung Merapi

Advertisement

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim hujan, karena debit airnya sedang melimpah dan bisa menikmati keindahan aliran deras dari air terjun ini.

Objek wisata Grojogan Watu Purba menjadi pilihan wisata murah, karena pengunjung tidak dikenakan biaya retribusi. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja, untuk motor mulai dari Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Adapun jam buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB atau menyesuaikan dengan kebijakan pengelola terkait pandemi dan cuaca.

 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

DIY Percepat Vaksinasi Booster Pertama untuk Pelajar

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Tak Hanya Lensa AI, Berikut Beberapa Aplikasi untuk Membuat Avatar

Lifestyle
| Jum'at, 09 Desember 2022, 20:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement