Advertisement

Lebaran 2022, Wisata Kraton Tutup selama 3 Hari

Sunartono
Jum'at, 29 April 2022 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lebaran 2022, Wisata Kraton Tutup selama 3 Hari Kereta Kencana Garuda Yeksa, salah satu kendaraan milik Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dipamerkan di Bale Bang, Area Bangsal Siti Hinggil, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Selasa (13/11/2018). - Harian Jogja/Nur Uswatun Khasanah (M123)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Destinasi wisata di lingkungan Kompleks Inti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat libur tiga hari selama Lebaran 2022. Saat kembali dibuka, Kraton tetap memberlakukan pembatasan pengunjung.

Carik Tepas Museum Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Nyi Raden Wedono Noorsundari menjelaskan saat Hari Raya Idulfitri destinasi wisata Kraton Ngayogyakarta libur selama tiga hari, yaitu saat tanggal 2 hingga 4 Mei 2022 atau saat hari H hingga H+2 lebaran. Kraton kembali buka kunjungan wisatawan pada Kamis 5 Mei 2022 dengan tetap melakukan pembatasan.

Advertisement

"Untuk pembatasan masih seperti sebelumnya pengunjung antara 250 sampai 500 orang. Kalau saat normal bisa sampai 5.000 pengunjung, sebenarnya bisa menerima 500 pengunjung, tetapi nanti kami menunggu dawuh," katanya saat ditemui di Kompleks Kamandungan Lor, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Rabu (26/4/2022).

Secara umum destinasi wisata Keraton Jogja berada di ruang terbuka. Hanya beberapa yang harus masuk ke ruangan tertentu untuk melihat suatu koleksi maupun di museum. "Tempatnya terbuka, biasanya kami terima tamu beberapa, kalau harus masuk ruangan tertentu diatur, ada pembatasan," ucapnya.

Baca juga: 15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja, Cocok Mengisi Weekendmu

Saat libur Lebaran 2022 Kraton merencanakan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat ruang pamer lukisan secara gratis. Ruang tersebut akan dibuka dari libur lebaran sampai akhir Mei 2022.

"Karena ada pembatasan menunggu persetujuan Gusti [Penghageng]. Nanti ruang pamer lukisan akan dibuka gratis selama lebaran sampai akhir bulan Mei," ucapnya.

Kraton Ngayogyakarta memastikan melakukan banyak persiapan untuk mengantisipasi ledakan kunjungan saat libur lebaran.

"Untuk menarik minta wisatawan, selain itu kami akan mulai melakukan tatanan baru, dibikin interior yang ada di dalam Kraton salah satunya adalah museum ruang pamer lukisan. Berbagai pengumuman akan diupdate di website dan medsos Kraton," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Budayawan di Jogja Dilibatkan Pembuatan Maskot Pilkada 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Tingkat Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Beberapa Suplemen

Lifestyle
| Selasa, 23 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement