Advertisement

Kemarin Jokowi Ulang Tahun, Intip 6 Kuliner Favoritnya di Solo

Newswire
Rabu, 22 Juni 2022 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kemarin Jokowi Ulang Tahun, Intip 6 Kuliner Favoritnya di Solo Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Pekan Milenial Naik Kelas 2022 yang diselenggarakan Bisnis Indonesia Group secara hibrida di Hotel Aryaduta, Jakarta (5/4/2022). - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahunnya ke 61 tahun kemarin Selasa (21/6/2022). Bapak tiga ini lahir di Solo, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961.

Seperti diketahui, Kota Solo punya beragam kuliner khas yang patut dicoba. Setidaknya ada enam di antaranya merupakan tempat kuliner langganan Jokowi.

Advertisement

Berikut enam wisata kuliner langganan Jokowi di Solo dilansir dari Okezone-jaringan Harianjogja.com:

1. Gudeg Mbak Yus

Bubur gudeg komplet dengan lauk opor ayam bagian paha atas merupakan hidangan favorit Jokowi. Mbak Yus menawarkan menu yang terdiri dari nasi gudeg, bubur gudeg, dan ketan susu. Pilihan pendamping gudegnya beragam seperti telur, uritan, ayam dan ati ampela.

2. Rumah Makan Adem Ayem

Rumah Makan Adem Ayem berlokasi di Jl. Slamert Riyadi, Solo yang sudah ada sejak 1969. Menu favorit Jokowi adalah nasi gudeg, timlo, dan bakmi goreng.

3. Sate Kere Mbak Tug

Sate kere atau disebut juga sate miskin. Zaman dahulu dibikin untuk orang tak berpunya. Namun, kini bisa dinikmati oleh siapa saja. Sate kere berisi jeroan sapi, di antaranya jantung, paru (bagian paru-paru), lambung, usus, dan tempe. Jokowi disebut sering menyantap babat dan tetelan (sisa daging yang melekat pada tulang).

4. Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng Mbah Karto menawarkan ayam kampung dimasak dengan bumbu bacem, bawang putih, dan rempah, lalu diungkep di atas api kayu bakar. Tak hanya aneka ayam, tersedia juga banyak pilihan sambal. Seperti sambal blondho, sambal bawang, dan banyak lainnya. Sambal blondho sendiri terbuat dari ampas minyak dari endapan santan kental atau areh yang matang, kemudian dicampur sambal bawang.

5. Soto Gading

Soto Gading berkuah bening dari kaldu ayam dicampur perasan jeruk nipis, ditambah nasi putih, irisan daging ayam, soun, irisan daun seledri, dan bawang merah goreng.

6. Timlo Maestro

Jokowi seringkali memilih Timlo Maestro yang ada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo sebagai tempat makannya. Pemilik warung makan, Yunanto Adhi Prasetyo menjelaskan timlo adalah sejenis sup ayam yang berasal dari kota Solo. Biasanya semangkuk timlo Maestro berisi telur ayam kecap, bebek kecap, sosis dari tepung terigu, dengan ampela ati, atau daging ayam.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Jokowi Ulang Tahun, Ini 6 Wisata Kuliner Langganannya di Solo". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : OKezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement