Advertisement

Sederet Kuliner Khas Jakarta di Jogja, Nomor 1 Menu Sarapan Favorit

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 22 Juni 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Kuliner Khas Jakarta di Jogja, Nomor 1 Menu Sarapan Favorit Gado-gado - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-DKI Jakarta memeringati hari jadinya setiap tanggal 22 Juni atau jatuh pada hari ini. Tidak lengkap rasanya jika tidak ikut mencicipi makanan khas dari provinsi yang dikenal sebagai ibu kota Indonesia itu. 

Banyak kuliner khas Jakarta atau Betawi yang dijajakan di daerah lain, termasuk Jogja. Bahkan beberapa jenis makanan sudah menjadi makanan harian masyarakat di Kota Gudeg ini, seperti nasi uduk.

Advertisement

Berikut ini kuliner khas Betawi yang banyak dijual di Jogja:

1. Nasi uduk

Siapa sangka jika nasi uduk yang biasa menjadi menu sarapan warga Jogja merupakan makanan khas Jakarta. Di Jogja, makanan ini sudah banyak dikenal dan sering disandingkan dengan nasi biasa di warung-warung penyetan. 

Nasi uduk biasanya dihidangkan dengan tempe orek, telur balado, semur tahu, semur kentang, semur jengkol, bihun, ayam goreng, abon, gorengan dan tentunya sambal. Nasi yang dimasak dengan santan ini biasa disantap bersama kerupuk atau emping.

2. Gado-gado

Banyak pedagang gado-gado di Jogja yang membuka usahanya di pinggiran jalan alias kaki lima. Warung makannya selalu laris terutama saat jam istirahat tiba. 

Makanan ini banyak diburu karena selain menyehatkan karena banyak rebusan sayur di dalamnya, makanan ini juga mengenyangkan. Biasanya harga gado-gado di Jogja hanya kisaran Rp10.000. Salah satu bagian yang paling dirindukan dari gado-gado adalah sambal kacangnya.

3. Soto Betawi 

Jika soto di Jogja memiliki kuah yang bening, soto Betawi memiliki kuah yang keruh karena dimasak dengan susu atau santan. Isiannya pun berbeda. Soto Jogja diisi dengan suwiran daging ayam kampung, sementara Soto Betawi dengan daging jeroan seperti hati, babat, paru dan organ sapi lainnya. 

Soto Betawi paling cocok dipadukan dengan kerupuk atau emping. 

Advertisement

4. Kerak Telor

Saat ada sekaten di Alun-Alun Utara, kerak telor menjadi salah satu camilan yang mudah ditemui. Biasanya penjualnya menggunakan gerobak pikul. 

Makanan ini menjadi primadona karena selain renyah, rasanya juga gurih. Akan lebih nikmat lagi jika disantap saat masih panas. Kerak telor dibuat dengan bahan telur ayam atau telur bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, bawang goreng, bawang goreng, dan kelapa sangrai.

Nah itulah empat makanan khas Betawi yang banyak dijual di Jogja. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Perempuan Heran dengan Kebiasaan Orang Jogja, Selalu Pakai Utara Selatan

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement