Advertisement

Tidak Hanya Festivalnya, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Dieng

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 03 September 2022 - 20:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tidak Hanya Festivalnya, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi di Dieng Dieng Culture Fest 2022. - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Desa Wisata Dieng Kulon menggelar Dieng Culture Festival (DCF) ke-13 dengan tema Return of The Light. Kegiatan ini berlangsung mulai 2-4 September 2022. 

Pengunjung yang datang di festival yang di dataran tinggi Dieng tersebut dapat menikmati acara seru seperti Aksi Bersih Dieng, QRIS Jazz di Atas Awan, Gebyar Lentera, Kirab budaya dan Pemotongan Rambut Gimbal, serta Kongkow Budaya dan Talkshow Ngopi Ngapak. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pemotongan Rambut Gimbal menjadi satu ritual dalam rangkaian Dieng Culture Festival yang paling ditunggu pengunjung. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi salah satu tokoh pemerintah daerah yang turut serta dalam ritual tersebut. 

"Kita merawat tradisi sekaligus meruwatnya. Pemotongan rambut anak gimbal. Dalam prosesi itu mereka menyertakan beberapa permintaan yang harus dipenuhi. Ada yang minta bebek, ada yang minta sepeda, motor listrik dll. Bahkan ada yang minta agar saya yang motong rambutnya," tulis Ganjar dikutip dari laman Instagramnya, Sabtu (3/9/2022). 

Melansir dari Bisnis.com, acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak hanya bertujuan mengenalkan potensi wisata dan seni budaya kepada masyarakat luas sebagai sebuah destinasi wisata, namun juga untuk memperbaiki perekonomian masyarakat yang pada waktu itu mulai melemah karena eksploitasi tanah besar – besaran oleh pertanian. Ternyata pariwisata tampil sebagai penopang selain sektor Pertanian.

Baca juga: Sudah Resmi Naik, Ini Harga Terbaru Pertalite, Solar, hingga Pertamax

Salah satu yang menarik dari DCF 2022 adalah Gebyar Lentera dengan penerbangan lampion dan pesta kembang api di malam hari sehingga menghadirkan keindahan alam malam dari dataran tinggi Dieng. 

Selain menjadi destinasi tahunan yang rutin digelar, pengunjung juga dapat berwisata di sekitar kawasan Dieng, seperti candi, kawah, dan gunung.

Advertisement

Peserta dari DCF 2022 dapat mengunjungi beberapa candi di kawasan tersebut seperti Komplek Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, dan Dwarawati. Candi Arjuna yang berlokasi di datarang tinggi Dieng sendiri diperkirakan sebagai candi tertua, diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

Destinasi lainnya yakni kawah yang berada di sekitar Dieng, seperti Kawah Sikidang, Kawah Sileri, dan Kawah Candradimuka. Bagi pengunjung dari area candi dapat mengunjungi kawah terdekat, yakni Kawah Sikidang. 

Keindahan dataran tinggi Dieng juga tersaji melalui beragam telaga, seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan Telaga Cebong. Telaga Warna berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement