Advertisement

6 Bandara Paling Menakutkan di Seluruh Dunia, Berani Mengunjunginya?

Widya Islamiati
Rabu, 14 September 2022 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
6 Bandara Paling Menakutkan di Seluruh Dunia, Berani Mengunjunginya? Ilustrasi kabin pesawat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak sekali artikel yang mengulas tentang rekomendasi tempat-tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Tapi apakah pernah mendengar tentang daftar tempat yang paling menakutkan di dunia?  Forbes justru membuat daftar bandara paling menakutkan di dunia, berikut ini ulasannya.

Advertisement

Bandara Lukla, Nepal

Ketika akan mengunjungi Gunung Everest, orang terlebih dahulu harus mendarat di Bandara Lukla yang berada di Nepal. Mengapa bandara ini mengerikan? karena landas pacu bandara ini terletak diantara pegunungan dan sangat pendek. Bahkan, listrik di area bandara pun terkadang mati dan pilot harus berkomunikasi dengan menggunakan pengontrol udara selama pendaratan berlangsung.

Pendaratan dengan pendakian Gunung Everest tidak kalah menegangkan bukan?

Bandara Toncontin, Tegucigalpa, Honduras

Hampir sama dengan Bandara Lukla, Bandara Toncontin juga memiliki landasan pacu yang cukup sempit serta bersebelahan dengan pegunungan yang membuat pendaratan akan lebih dramatis. Selain itu, setelah pintu pesawat dibuka, setelah melewati pendaratan yang menegangkan, penjaga keamanan yang membawa senapan mesin menyambut penumpang. Hal ini jelas menambah kesan dramatis selama perjalanan.

Seperti sedang menaiki pesawat yang dibajak bukan?

Bandara Paro di Bhutan

Bandara di Bhutan ini juga sama seperti dua bandara sebelumnya, dikelilingi oleh gunung. Bahkan landasan pacu di bandara ini dikelilingi puncak gunung setinggi 18.000 kaki. Selain itu, bandara ini juga memiliki landasan pacu dengan luas 6.500 kaki yang hanya bisa menerima kedatangan dan keberangkatan pada siang hari saja.

Namun, pada saat pendaratan berhasil dilakukan dan menghirup udara disana, pengalaman dramatis yang baru saja dialami akan tergantikan oleh udara yang segar dan pemandangan yang indah.

Bandara Saba, Karibia

Bandara ini sebenarnya punyai nama Bandara Juancho E. Yrausquin, terletak di Pulau Saba, Karibia. Bandara ini termasuk bandara yang paling kecil, tepatnya ada di sebelah kanan Pulau Saba. Landasan pacu bandara ini hanya memiliki panjang 1.300 kaki dan merupakan landasan pacu terpendek di dunia. Maka tidak mengherankan jika hanya pilot yang terlatih saja yang diizinkan untuk melakukan penerbangan di bandara ini.

Bandara Internasional Couchevel, Prancis

Hampir mendekati angka panjang landasan pacu Bandara Saba, Bandara ini juga hanya memiliki landasan pacu dengan panjang 1.700 kaki, namun bandara ini juga memiliki gradien kemiringan sebesar 18,5%. Pendaratan harus benar-benar sempurna, tidak heran juga mengapa hanya pilot bersertifikat yang diperbolehkan melakukan penertbangan di bandara ini.

Bandara Internasional Wellington, Selandia Baru

Panjang landasan pacu bandara ini memang tidak sependek dua bandara sebelumnya yaitu sepanjang 6.351 kaki, namun landasan pacu ini diawali dan diakhiri di dalam air. Selain itu, angin kencang juga bisa menjadi salah satu penyebab susahnya mendarat di bandara ini, karena bandara ini juga berdekatan dengan daerah pegunungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement