Advertisement

Pantai Widodaren, Surga Tersembunyi bagi Para Pencinta Kemping

David Kurniawan
Senin, 19 September 2022 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Pantai Widodaren, Surga Tersembunyi bagi Para Pencinta Kemping Dua orang pengunjung saat menuruni jalan menuju ke lokasi Pantai Widodaren di Kalurahan Kanigoro, Saptosari. Senin (19/9/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Gunungkidul memiliki banyak "surga tersembunyi". Salah satunya adalah Pantai Widodaren yang berada di Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul. 

Lantaran lokasinya tersembunyi, Pantai Widodaren termasuk salah satu pantai menjadi spot asyik untuk berkamping. Dengan pemandangan tebing perbukitan yang berpadu dengan hamparan pasir putih, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Pantai Widodaren berjarak sekitar lima kilometer di sisi timur Pantai Ngobaran, yang juga terletak di Kalurahan Kanigoro. Akses menuju lokasi belum sepenuhnya bagus karena masih ada jalan bebatuan yang panjangnya sekitar dua kilometer.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Meski demikian, pengunjung tak perlu khawatir saat berwisata di pantai ini karena sudah ada papan penujuk arah yang dipasang warga agar tidak tersesat.

BACA JUGA: Lahan Bekas Pabrik Gamping di Gunungkidul Bakal Direklamasi

Selain masih sepi, Pantai Widodaren memiliki keindahan tersendiri. Pasalnya, di lokasi tidak hanya menyajikan keindahan pasir putih khas pantai di Gunungkidul.

Namun di tempat ini juga ada tebing perbukitan yang masih asri dan bersih. Bagi pengunjung yang tak ingin bermain air, bisa menikmati pemandangan birunya air laut dari atas perbukitan.

Pada saat akhir pekan, Pantai Widodaren juga banyak dikunjungi wisatawan untuk berkamping pada saat malam hari. Salah seorang pedagang di pantai ini, Gemi mengatakan, objek wisata Pantai Widodaren baru dibuka sejak 2019 lalu.

Meski demikian, hingga sekarang belum banyak yang mengenal sehingga jumlah kunjungan masih puluhan orang setiap harinya. “Yang ramai baru akhir pekan dan kebanyakan para pencinta kegiatan kamping,” kata Gemi, Senin (19/9/2022).

Advertisement

Dia mencontohkan di akhir pekan lalu ada sekitar 200 orang yang berkamping guna menikmati kesunyian malam di pinggir pantai. Untuk lokasinya terbagi ada yang di tebing dan juga di dekat pantai.

“Jadi di Pantai Widodaren merupakan perpaduan antara tebing perbukitan dan pantai pasir putih. Untuk tebing juga aman karena tidak tinggi serta datarannya luas,” katanya.

Lurah Kanigoro, Suroso saat dihubungi kemarin membenarkan bahwa Pantai Widodaren masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, ia tidak menampik jika tingkat kunjungan sudah mulai banyak.

Advertisement

“Memang belum sebanyak di kawasan Pantai Ngobaran, tapi setiap harinya ada pengunjung yang datang untuk sekadar bersantai di gazebo atau bermain air di pantai,” katanya.

Disinggung mengenai nama Widodaren, Suroso tidak mau berspekulasi karena nama tersebut sudah ada sejak dulu. “Memang sejak kakek-nenek sudah namanya itu. Daripada salah, saya memang tidak tahu karena namanya sudah Widodaren dari dulunya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HUT Ke-92, Gereja Santa Theresia Brosot Gerakkan Persaudaraan

Kulonprogo
| Rabu, 05 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Slow Food, Gerakan Kembali ke Pangan Lokal

Lifestyle
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement