Advertisement

Liburan ke Jogja, Sempatkan Mencicipi Wedangan Tradisional Ini

Lajeng Padmaratri
Minggu, 23 Oktober 2022 - 13:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Liburan ke Jogja, Sempatkan Mencicipi Wedangan Tradisional Ini Ilustrasi Bajigur. / Asian Food Network

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berlibur ke Jogja tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khasnya. Kota yang sarat akan budaya ini pun memiliki berbagai kekhasan kuliner yang wajib dicicipi jika mampir ke Jogja.

Wedang atau minuman hangat merupakan hal yang lumrah ditemui Jogja. Kota ini memiliki banyak ragam wedangan yang berbahan rempah-rempah Nusantara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Tak hanya menghangatkan badan, wedangan di Jogja juga jadi spot nongkrong bersama teman-teman. Berikut rekomendasi warung wedangan di Jogja.

Wedang Ronde Lek Dhie

Wedhang Ronde Lek Dhie merupakan salah satu wedang ronde pilihan di Kota Jogja. Minuman ini cocok diminum disaat udara terasa dingin seperti hawa Jogja saat ini.

Lokasinya tidak jauh dari Malioboro, yaitu di Jalan Dagen. Dengan isian kolang-kaling, ronde, roti dan taburan kacang dan gula merah, menjadikan wedang ronde ini berbeda dengan ronde lainnya.

Ronde ini buka mulai pukul 18.00 WIB hingga jam 01.00 pagi. Harganya murah meriah, hanya Rp10 ribu saja semangkuk.

Wedang Tahu Bu Kardi

Advertisement

Di Jogja, ada penjual wedang tahu yang kondang dan selalu laris diserbu pembeli, yaitu Wedang Tahu Bu Kardi. Berlokasi di Jalan Kranggan No. 75 Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, kuliner hasil akulturasi Tionghoa ini tak pernah sepi pelanggan.

Wedang tahu merupakan minuman tradisional dari sari kedelai yang disiram kuah jahe. Rasa hangat dari kuah jahe berpadu dengan kelembutan wedang tahu membuat semangkuk wedang ini cocok dinikmati untuk memulai hari.

Sukardi, pemilik warung wedang tahu itu, biasanya sudah mulai berjualan sejak pukul 06.30 WIB. Jangan sampai datang kesiangan jika tidak ingin kehabisan. Semangkuk wedang tahu itu dijual seharga Rp7 ribu.

Advertisement

Bajigur Tamansari

Menikmati bajigur di malam hari bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh kala berwisata ke Jogja. Jika ingin menjajal bajigur yang nikmat, cobalah mencicipi Bajigur Tamansari.

Minuman yang terbuat dari kelapa, jahe, sere, kayu manis, cengkeh hingga pandan ini sudah dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Warung yang terletak di dekat Tamansari, tepatnya di Jalan Letjen S. Parman, Notoprajan, Ngampilan, Kota Jogja ini, buka sejak pukul 17.00 WIB.

Warung wedang bajigur ini sudah berdiri sejak 20 tahun lalu. Tak hanya dilarisi warga Jogja dan wisatawan. Sebab, kabarnya SBY dulu berlangganan wedang bajigur ini kala masih menjabat sebagai presiden ke-6.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement