Advertisement

Sensasi Berwisata Gerobak Sapi Sampai Kuliner Chicken Katsu di Desa Tibayan Klaten

Media Digital
Kamis, 10 November 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sensasi Berwisata Gerobak Sapi Sampai Kuliner Chicken Katsu di Desa Tibayan Klaten Gerobak sapi. - Ist

Advertisement

KLATEN - Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom, Klaten terus berpoles menjadi desa wisata dengan konsep pertanian dan kuliner kekinian. Mengangkat potensi hasil pertanian yang dipadukan dengan kuliner selera anak muda, menjadikan desa yang terletak 10 km arah utara dari pusat kota Klaten itu kian dilirik masyarakat.

Ada buah lokal yang dijual seperti kelengkeng, durian, pepaya dan sayuran. Unit usaha kecil juga berkembang dari makanan olahan sampai madu lokal.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Budaya lokalnya juga unik. Wisatawan yang berkunjung ke Tibayan bisa memesan naik grobag sapi. Pengunjung bisa melihat - lihat panorama desa sekitarnya sambil naik transportasi tradisional yang mulai langka itu.

Setelah lelah berkeliling desa dan rasa lapar sudah menggoda, jangan kuatir ada De beliyung Cafe. Ada menu favorit lezat menggugah rasa dengan harga pedesaan yakni ckicken katsu teriyaki yang dibandrol Rp12.000 saja.

Minumannya juga lengkap. Dari wedang remoah, red velvet, kopi hitam, aneka jus sampai the poci panas. Dijamin enak dan ringan di kantong.

Menurut pendamping desa setempat saat ditemui Minggu(23/10/2022), Wisnu Satata mengatakan pengembangan pembangunan Tibayan menerapkan konsep eco-green. Baik pemerintah desa, petani dan masyarakat desa punya harapan besar Desa Tibayan tidak dianggap sebagai desa tertinggal.

“Kami mengembangkan kerja kemitraan. Potensi desa sekitar seperti Bengking dan Benteng kami ajak bermitra khususnya dalam menjual produk desa, jika ke depan Tibayan terus berkembang. Insyallah tol exit Jogya - Semarang jatuh di Desa Tibayan. Paket wisata menuju obyek wisata Girpasang titik awalnya adalah Desa Tibayan” terang pria yang juga sekaligus penggagas De Beliyung Cafe itu dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (10/11/2022).

Dikatakan pria yang mengaku asli Semarang itu kalau di Desa Tibayan digagas ada Information of Center Tourism atau ICT. “De Beliyung Cafe itu langkah awal. Alhamdulillah 20 September 2022 lalu Bupati Klaten Sri Mulyani telah meresmikan pusat kuliner Desa Tibayan. Jadi informasi yang lengkap terkait paket-paket wisata di Klaten akan disiapkan. Misalnya lokasi wisata, tarif, harga homestay, parkir, pusat jajanan, jarak tempauh lokasi wisata akan kita siapkan. Misalnya saja pesan gerobak sapi. Paket medium 15 ribu selam 20 menit,paket long selam 30 menit dengan tiket 30 ribu perlu disiapkan. Kami punya 7 komunitas gerobag sapi yang siap dipesan untuk wisata keliling desa” tambahnya.

Advertisement

Konsep pengembangan desa wisata Tibayan terus mendapat perhatian masyarakat dan pemerintah. Meskipun masih ada kekurangan seperti akses jalan yang sempit, tak menyurutkan warga Tibayan membangun desa. Hasil bumi, kuliner, seni budaya dan grobag sapi sebagai maskot wisata menjadikan Desa Wisata Tibayan menarik dan layak dikunjungi sebagai destinasi wisata keluarga yang murah tapi tetap edukatif.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement