Advertisement

Bersiap Libur Akhir Pekan, Ini Pilihan Lokasi Camping di Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 27 Januari 2023 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bersiap Libur Akhir Pekan, Ini Pilihan Lokasi Camping di Jogja Ilustrasi camping di alam - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Apakah kamu sudah mempersiapkan kegiatan libur akhir pekan ini? Camping atau kemah bisa jadi salah satu pilihan yang tepat lho

Untuk mendapatkan lokasi camping di Jogja bukanlah perkara yang sulit. Kamu tinggal memilih apakah mau camping di kawasan pegunungan, bukit atau bahkan pantai.

Advertisement

Dilansir dari berbagai sumber, ini lokasi camping ground hits di Jogja yang bisa Anda pilih:

1. Camping Seru di Tepian Waduk

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati sensasi kemah dengan menghadap hamparan air, lokasi camping di Waduk Sermo Kulonprogo bisa menjadi pilihan. Di sini, Anda bisa membawa sendiri peralatan kemah dan menikmati suasana kemah ala anak gunung. 

Lokasi perkemahan Waduk Sermo ini semakin menarik saat musim kemarau. Sebab, air waduk akan turun dan pulau-pulau kecil di tengah waduk akan muncul. Di situlah, Anda bisa menggelar tenda untuk diinapi semalam bersama teman maupun keluarga. 

Menurut berbagai sumber yang diterima Harianjogja.com, Anda cukup membayar Rp15.000 untuk camping di tempat ini. Namun, semua peralatan seperti tenda, alas, sleeping bed, lampu, hingga bekal makanan harus membawa sendiri. 

Tak perlu khawatir, lokasi perkemahan berdekatan dengan warung sehingga bagi Anda yang merasa lapar tengah malam, Anda bisa berjalan untuk membeli pengganjal perut di tempat itu. 

Dari foto-foto yang diunggah akun Instagram @campingjogja, Anda bisa menikmati suasana senja hingga fajar di lokasi perkemahan Waduk Sermo ini. Selamat menikmati.

2. Camping di Pegunungan

Di sebelah barat Kaliurang, ada yang namanya camping ground Nawang Jagad. Lokasinya berada di Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Nawang Jagad.

Memilih mendirikan tenda di titik ini akan mendapatkan view yang sangat cantik. Sebab, Gunung Merapi dari spot camping ground ini diapit bukit Turgo di sebelah barat dan bukit Plawangan di sebelah timur.

Nawang Jagad menawarkan areal yang luas untuk berkemah. Lapangannya bertingkat dan dipenuhi dengan rumput-rumput hijau. Di sebelah kanan dan kiri dipenuhi dengan pepohonan khas pegunungan yang memberikan nuansa alam yang sejuk.

Banyak pohon tinggi menjulang yang hidup di hamparan camping ground ini. Bagi pengunjung bisa memasang hammock untuk tempat rebahan sembari menikmati dingin khas pegunungan Merapi.

3. Camping di Perbukitan Bantul

Camping di area perbukitan juga tak kalah seru. Di Bantul, ada lokasi kemah yaitu di Tebing Watu Mabur, Dusun Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Anda cukup merogok kocek sekitar Rp10.000 untuk memasuki area ini. 

Dari foto-foto yang diunggah Instagram, @bantulcampingfun, tampak keindahan suasana sunrise dan sunset yang memanjakan mata. Kabut di pagi hari juga menjadi objek foto yang bisa Anda pilih. 

4. Camping Pantai di Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul dikenal memiliki banyak pantai yang indah. Beberapa pantai juga dibuka bagi pengunjung yang ingin berkemah. 

Bagi Anda yang ingin bermalam, Bukit Kosakora bisa menjadi pilihan Anda untuk mendirikan tenda. 

Akun Instagram @indoflashlightyogyakarta membagikan keseruannya camping di Kosakora. "Bukit Kosakora memang sangat memesona, apa lagi kawasan ini kerap dijadikan tempat camping ceria. Menuju bukit ini Sobat akan berjalan kaki melewati ladang warga sekitar 700 meter dari parkiran, terlebih dahulu Sobat akan melewati Pantai Ngrumput yang berada persis di bawah Puncak Kosakora. Mengenai pemandangannya memang tidak diragukan lagi, sunset cantik bisa dinikmati dari kawasan ini ditambah pantainya yang bersih. Monggo dijadikan list," tulisnya. 

Nah, masih banyak tempat di Jogja yang bisa menjadi lokasi perkemahan. Namun, sebelum memutuskan untuk berkemah, sebaiknya Anda mencari informasi terbaru dari lokasi perkemahan tersebut. Sebab, belum semua lokasi perkemahan beroperasi pada masa pandemi ini. 

Selamat berlibur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement