Advertisement

Pantai Nglambor, Surganya Biota Laut Gunungkidul

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 30 Januari 2023 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pantai Nglambor, Surganya Biota Laut Gunungkidul Pemandangan Pantai Kukup dari kejauhan yang terlihat dari bibir Pantai Mesra, Gunungkidul. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gunungkidul menjadi surganya wisata pantai DIY. Salah satu pantai yang memiliki ciri khas kaya akan biota laut adalah Nglambor. 

Di Nglambor, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan biota bawah laut yang bisa dinikmati dengan snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung kecil dan arus laut yang tenang sehingga aman untuk menikmati ikan dan biota laut lainnya.

Advertisement

Banyak terumbu karang yang hidup di dasar pantai ini. Untuk itu, wisatawan perlu hati-hati agar tidak sampai menginjak karang dan terluka.

Dilansir dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, Pantai Nglambor termasuk pantai yang aman untuk berenang berkat dua batu karang raksasa yang menjadi pemecah ombak.

Baca juga: Penataan Kawasan Pantai Gunungkidul Sengaja Dihentikan, Kapan Dilanjutkan?

Pantai Selatan Jogja berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga menghasilkan ombak pantai yang cukup besar dan disarankan untuk tidak berenang di laut. Namun berkat dua karang besar yang dinamai Watu Kalong dan Watu Kuntul, air laut yang sampai Pantai Nglambor menjadi lebih tenang.

Pasir Pantai Nglambor putih bersih. Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain air bisa menjajal wahana lain yang tersedia.

Pengunjung bisa memacu adrenalin dengan menaiki bukit dan melihat pemandangan dari atas. Ada pula jembatan gantung yang bisa dilewati untuk menyebrang ke bukit-bukit. Cocok bagi penggemar trekking.

Fasilitas yang ada pun cukup lengkap dari warung atau tempat makan, toilet, kamar mandi, hingga musholla. Semua fasilitas ini dikelola oleh warga Gunung Kidul sendiri.

Berminat ke Nglambor?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Soal Jalan Godean Rusak: Kalau Anggaran Belum Ada Tambal Dulu

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement