Advertisement

Jelajah Kulonprogo, Kunjungi 4 Tempat Wisata Ini!

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 07 Maret 2023 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelajah Kulonprogo, Kunjungi 4 Tempat Wisata Ini! Ketua Desa Wisata Nglinggo, Teguh Kumoro, menapaki jalan setapak yang dibuat dari kayu di kebun teh Nglinggo, Selasa (24/4 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAKulonprogo salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta bagian Barat ini menyimpan banyak pesona alam yang patut dikunjungi. Tempat wisatanya begitu beragam baik yang dataran tinggi hingga dataran rendah sekalipun.

Lantas ada tempat wisata apa saja di Kulonprogo? Simak ulasan berikut ini untuk kamu yang ingin menjelajah Kulonprogo.

Advertisement

1. Kebun Teh Nglinggo

Hamparan kebun teh milik rakyat di ketinggian 700 – 900 mdpl ini memenuhi oksigen ke paru-paru dengan udara bersih nan sejuknya. Tak hanya dinikmati keindahannya dengan mata, pengunjung juga bisa mencicipi langsung seduhan teh sangrai khas petani Samigaluh yang tersaji di tempat istirahat sekitar kebun teh.

Jika berkunjung di saat cuaca sedang cerah kamu akan disuguhkan hamparan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing begitu jelas. Berkunjung ke kebun teh ini letaknya ada di dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta.

Baca juga: 3 Tempat Makan Pizza di Jogja, Rasa Italia Suasana Angkringan

2. Hutan Mangrove

Luas daerah Kulonprogo mencapai selatan dengan kata lain hingga kawasan pantai, sejumlah kawasan pantai Kulonprogo dipenuhi vegetasi mangrove yang awalnya sengaja ditanam untuk mencegah abrasi dan sebagai pemecah gelombang alami. Kamu pun dapat menikmati indahnya pantai serta hijau dedaunan bakau di saat bersamaan.

Rimbunnya vegetasi hutan mangrove dengan luas sekitar tiga hektar lebih ini menarik banyak wisatawan sehingga kini terdapat tiga lokasi hutan mangrove yang bisa kamu kunjungi, mulai dari paling barat wisata Mangrove Pasir Mendit (paling barat), lalu wisata Mangrove Jembatan Api Api (Tengah), dan wisata Mangrove pantai kadilangu (paling timur).

3. Gua Kiskendo

Stalagmit dan stalaktit menjadi pesona dari gua kiskendo. Gua sepanjang 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Menoreh ini dulunya menjadi tempat bertapa. Terdapat dua percabangan besar di dalamnya terdapat sembilan ruang kecil yang sering digunakan untuk bertapa.

Ada satu kisah pewayangan epos Ramayana yang cukup terkenal yakni mengisahkan gua kiskendo sebagai tempat bertarung antara kera kembar Subali dan Sugriwo melawan Mahesasura. Kisah mereka pun akhirnya terpahat menjadi relief Sugriwo - Subali di dinding batu pintu masuk gua. Lokasinya sendiri berada di Dusun Sokomoyo, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

4. Wildlife Rescue Center Jogja

Melihat hewan di kebun binatang? Sudah biasa. Di Kulonprogo kamu bisa melihat hewan-hewan langka atau liar yang berhasil diselamatkan dari kepemilikan ilegal, cedera, atau pasar satwa liar. Kamu bisa mengunjungi Wildlife Rescue Center (WRC) Jogja sebuah kawasan wisata edukasi dan konservasi satwa.

Ada hewan seperti orang utan, elang jawa, buaya, owa, dan penyu yang dalam perlindungan atau sedang menjalani rehabilitasi sebelum nantinya dikembalikan ke alam. Sekitar 150 satwa berada dalam pengawasan WRC di tanah seluas 14 hektar tepatnya di Jl. Kawijo, Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta. Berkunjung melihat para satwa kamu cukup merogoh saku Rp10.000 saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Netralitas ASN dalam Pilkada Sleman 2024 Bakal Diawasi Ketat

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement