Advertisement

Pulesari Makin Populer dalam Daftar Wisata Yogyakarta, Kunjungan Meningkat 90%

Lugas Subarkah
Sabtu, 29 April 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Pulesari Makin Populer dalam Daftar Wisata Yogyakarta, Kunjungan Meningkat 90% Desa Wisata Pulesari yang kini masuk daftar wisata Yogyakarta yang diincar turis lokal. - Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Berbeda dengan tempat wisata lainnya yang mengalami penurunan pengunjung dibanding tahun sebelumnya, pada libur Lebaran kali ini pengunjung desa wisata Pulesari justru meningkat 90%. Desa wisata ini masuk daftar kunjung wisata Yogyakarta di kalangan turis lokal.

Pengelola Desa Wisata Pulesari, Didik Irwanto, menjelaskan pada libur lebaran ini Desa Wisata Pulesari baru buka pada hari ketiga lebaran. “Sudah ramai. Sudah ada empat grup. H+4 juga empat grup. Hari ini satu grup,” ujarnya, Kamis (27/4/2023).

Advertisement

Pada hari pertama pembukaan, jumlah kunjungan mencapai 350 orang dan hari berikutnya 400 orang. jumlah ini menurutnya meningkat signifikan dibanding libur lebaran tahun sebelumnya yang hampir tidak ada kunjungan sama sekali.

BACA JUGA: Pasar Beringharjo Jogja Hasilkan 2 Ton Sampah per Hari saat Libur Lebaran

Pada tahun lalu, desa wisata ini sangat sepi karena ia menduga masih pandemi Covid-19 sehingga belum banyak wisatawan yang datang, sama seperti wilayah wisata Yogyakarta yang lain. “Sekarang rombongan kebanyakan trah yang punya saudara di Jogja. ada yang dari luar kota, Kalimantan dan sebagainya mudik, mengadakan syawalan di sini,” ungkapnya.

Desa Wisata Pulesari juga menyediakan fasilitas penginapan sebanyak 50 rumah. Dari jumlah wisatawan yang datang, diperkirakan per malam ada sekitar 50 orang yang menginap per malam. “Satu rumah bisa dua atau tiga kamar,” kata dia.

Desa wisata Pulesari menyuguhkan wisata air sungai kepada para wisatawan yang mengincar wisata Yogyakarta yang serba asri. Saat ini, pengelola sedang menyiapkan pengembangan kawasan dengan menambah wahana outbond. “Masih pengerjaan. Kemarin sudah 50 persen. Targetnya dua bulan ini selesai,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement