Advertisement

Dinpar Gunungkidul Gelar Peringatan 1 Dasawarsa Geopark Gunungsewu di Embung Nglanggeran

Media Digital
Minggu, 18 Juni 2023 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dinpar Gunungkidul Gelar Peringatan 1 Dasawarsa Geopark Gunungsewu di Embung Nglanggeran Kemeriahan Gunungkidul Geopark Night Specta 5.0 di Amphi Theater Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Sabtu (17/6/2023) malam. - Ist

Advertisement

GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Gunungkidul Geopark Night Specta 5.0 di Amphi Theater Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Sabtu (17/6/2023) malam.

Acara tersebut merupakan bentuk apresiasi 1 Dasawarsa Geopark Gunungsewu meliputi Kabupaten Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul yang menjadi jaringan Geopark Indonesia dan kemudian masuk menjadi Gunung Sewu UNESCO Global Geopark.

Advertisement

Gunung Sewu Unesco Global Geopark terbentang dari Kabupaten Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan yang di dalamnya memiliki 33 Geosite. Untuk Kabupaten Gunungkidul sendiri memiliki 13 geosite salah satunya Gunung Api Purba Nglanggeran.

Acara Gunungkidul Geopark Night Specta 5.0 berlangsung mulai pukul 10.00 Wib-22.00 Wib di Embung Nglanggeran. Acara ini dimeriahkan dengan seminar geopark, pameran UMKM, mini stage yang terdiri dari tarian tradisional, tarian modern, musik akustik Gongclass, kemudian ada pula penyerahan hadiah lomba poster.

Event ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Forkopimda, Paniradya Pati DIY, Dinas Pariwisata se-DIY, serta tak lupa Jaringan Geopark Indonesia.

Beberapa penyanyi ternama juga akan memeriahkan Gunungkidul Geopark Night Specta #5 seperti Woro Widowati, Ndar Boy dan Doni Saputro. Gunungkidul Geopark Night Specta #5 mengambil tema 1 Dasawarsa Gunungsewu UNESCO Global Geopark. Kegiatan ini didanai oleh Dana Kaistimewaan DIY.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sukmono Kabupaten Gunungkidul Antonius Hari Sukmono, S.T. menyampaikan bahwa pada akhir Juli nanti akan dilakukan revalidasi tahap II oleh UNESCO sehingga event ini juga sebagai dukungan dalam rangka persiapan revalidasi. "Mari kita berdoa agar pada revalidasi II ini masih menyandang sebagai Gunungsewu UNESCO Global Geopark. Dan melalui event ini diharapkan jumlah kunjungan wisatawan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul akan terus meningkat," katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Meski Ada Perbaikan, Pengendara Tetap Memilih Jalur Utama Jogja-Wonosari untuk Beraktivitas

Gunungkidul
| Senin, 25 September 2023, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Terpaksa Rem Mendadak? Begini Tips Berkendara yang Aman

Lifestyle
| Senin, 25 September 2023, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement