Advertisement

Wow! Negara Laos Punya Museum Khusus Bom yang Belum Meledak

Lajeng Padmaratri
Senin, 31 Juli 2023 - 23:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Wow! Negara Laos Punya Museum Khusus Bom yang Belum Meledak Museum bom didirikan di Laos untuk mengumpulkan sejumlah bom yang belum meledak. - Laoslife.info

Advertisement

Harianjogja.com, VIENTIANE—Jika kebanyakan museum menampilkan koleksi budaya, maka sebuah museum di Laos punya ceritanya sendiri. Di negara itu, berdiri sebuah museum yang menyimpan cerita kelam bersamaan dengan koleksi bom yang dipamerkan.

Museum khusus bom yang berlokasi di Kota Vientiane itu bernama The UXO Laos Visitors Centre. UXO mengacu pada istilah unexploded ordnance atau bom yang belum meledak.

Advertisement

Melansir Indiatimes, sejarah mengatakan bahwa antara Desember 1964 hingga Maret 1973, 260 juta bom dijatuhkan di Laos. Tidak heran, Laos adalah negara yang paling banyak dibom di dunia saat ini.

Rupanya, banyak dari bom itu tidak meledak. Bagian terburuknya, jutaan bom yang belum meledak ini masih tersebar di seluruh Laos. Beberapa yang bisa ditemukan kemudian berhasil dipindahkan dengan aman dan sekarang menjadi bagian dari The UXO Laos Visitors Centre, sebuah museum yang sangat tidak biasa tentunya.

BACA JUGA: Unik, Museum di Turki Kumpulkan Ribuan Rambut Wanita dari Seluruh Dunia

Selama Perang Vietnam, Laos adalah negara yang tidak beruntung. Sebuah kelompok politik di Laos mendapat dukungan Vietnam Utara dalam masalah internal mereka dan, karena hubungan ini, tanpa disadari Laos berada di bawah radar AS.

Laos adalah salah satu jalur suplai Vietnam Utara dan karena itu, beberapa kampanye pengeboman dilakukan terhadap kelompok politik Laos dan Vietnam Utara. Kampanye pengeboman menyebabkan kerusakan infrastruktur yang luas dan menelantarkan ratusan ribu orang.

The UXO Laos Visitors Centre juga menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk mendukung upaya izin melalui donasi atau dengan membeli barang dari toko suvenir. Selain bom dan karya organisasi yang bertanggung jawab untuk membersihkan bom, pengunjung juga akan mendapat kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya Laos.

Pusat ini adalah salah satu tempat wisata paling penting secara historis di Vientiane.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Indiatimes

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Eko Suwanto: Sultan Grond dan Pakualaman Grond untuk Kesejahteraan Masyarakat

Jogja
| Selasa, 07 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Bacaan Doa Melepas Keberangkatan Jemaah Haji

Lifestyle
| Selasa, 07 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement