Advertisement

Ratusan Pegiat Sepeda Ikuti Gowes Kunjungi Destinasi Wisata Museum di Jogja

Sunartono
Minggu, 15 Oktober 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Ratusan Pegiat Sepeda Ikuti Gowes Kunjungi Destinasi Wisata Museum di Jogja Para peserta Gowes Museum dilepas dari Museum Perjuangan Jalan Kolonel Sugiyono, Kota Jogja, Minggu (15/10/2023) pagi. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan para pegiat olahraga sepeda di DIY mengikuti kegiatan bersepeda dengan tajuk Satu Kayuh, Bersatu, Melaju untuk Museumku dengan mengelilingi ke sejumlah museum, Minggu (15/10/2023) pagi. Kegiatan yang digelar dalam rangkaian Vredeburg Fair 2023 itu digelar untuk mengenalkan museum kepada masyarakat khususnya para pegiat olahraga sepeda.

Ketua Tim Kegiatan Gowes Satu Kayuh, Bersatu, Melaju untuk Museumku Hari Supono menjelaskan kegiatan itu diikuti sekitar 150 peserta dari kalangan pegiat sepeda. Adapun rutenya berangkat dari Museum Perjuangan di Jalan Kolonel Sugiono Kota Jogja menuju ke selatan melewati Jalang Parangtritis menuju Monumen TNI AU Ngoto, Bantul. Kemudian rombongan berbalik ke utara melewati Jlaan Imogiri Barat hingga menuju ke Jalan Tamansiswa untuk menuju ke Museum Jenderal Sudirman.

Advertisement

BACA JUGA : Mudik dari Jakarta, Warga Wedomartani Ini ke Sleman Naik Sepeda

Selanjutnya pesepeda menuju ke Museum Sandi Kotabaru dan berakhir di Museum Benteng Vredeburg dengan melewati Tugu Jogja dan sepanjang Jalan Malioboro.

“Di setiap museum ini pesepeda berhenti untuk diperkenalkan tentang isi museum dan sejarahnya, tidak lama sekitar 15 menit, didampingi oleh pemandu. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok jadi berhentinya secara bergantian. Jarak tempuh sekitar 15 kilometer,” katanya, Minggu.

Kepala Unit Museum Perjuangan Jogja, Madrohi  berharap melalui kegiatan Gowes Museum, para peserta dapat lebih mengenal dan mencintai museum. Karena museum merupakan cermin identitas bangsa serta sumber inspirasi bagi masyarakat. Selain itu para peserta akan memiliki kesan tersendiri karena semua museum memiliki spot menarik.

“Selain menjadi bagian dari sport tourism, para peserta mendapatkan edukasi tentang museum, ada banyak informasi yang bisa didapatkan,” katanya.

Di Museum Benteng Vredeburg para peserta gowes akan diajak untuk menyaksikan Pameran Temporer Vredeburg Fair 2023 bertajuk ‘Satoe’ yang bertempat di Gedung Sultan Agung.

Kegiatan Gowes Museum ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Vredeburg Fair 2023 yang berlangsung selama dua bulan sejak 20 September 2023 hingga 23 November 2023.

BACA JUGA : Dapat Sepeda dari Presiden Jokowi, Sri Mulyani Ajak Kaesang-Erina Gowes Bareng

“Selain Gowes Museum, berbagai kegiatan digelar seperti gelar karya komunitas, setiap akhir pekan di bulan Oktober 2023 yang berlangsung kegiatan pukul 16.00-21.00; dan Konser Musik Band Indie ‘Soegi Bornean’ yang rencananya digelar pada 29 Oktober 2023 pukul 14.00,” kata Kepala Unit Museum Benteng Vredeburg Muhammad Rosyid Ridlo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

JAB Fest 2024 Digelar Awal Mei, Pecinta Seni dan Buku Jogja Merapat!

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Amalan Doa Agar Lulus Ujian UTBK-SNBT dan Diterima di Kampus Impian

Lifestyle
| Senin, 29 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement