Advertisement

Berburu Sambel Welut Enak di Jogja? Simak 3 Rekomendasinya untuk Anda

Sirojul Khafid
Jum'at, 03 November 2023 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Berburu Sambel Welut Enak di Jogja? Simak 3 Rekomendasinya untuk Anda Ilustrasi sambel belut. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gurihnya daging belut berpadu dengan pedasnya sambal. Perpaduan kian mantap dengan tambahan nasi hangat.

Sebagai salah satu jenis ikan air tawar, belut acap menjadi bahan utama dalam membuat sambal. Apabila bosan dengan sambal rawit, bawang, atau tomat, sambal belut menjadi salah satu alternatif rasa.

Advertisement

Ada beberapa warung yang menawarkan menu sambal belut di Jogja. Ada yang umurnya baru belasan tahun, tidak sedikit pula yang umurnya puluhan tahun. Berikut tiga di antaranya:

Sambel Welut Pak Sabar

Sambel Welut Pak Sabar. (Instagram Instagram @makandijogja)

Sambal belut menjadi andalan warung makan yang satu ini. Sambal belut terbuat dari bahan cabai dicampur dengan potongan daging belut. Menu itu sudah jadi andalan sejak warung ini berdiri pada 1998 lalu.

Sambel Welut Pak Sabar bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera konsumen. Proses pembuatan sambal masih dengan teknik manual memakai cobek. Pengunjung bisa melihat proses mengulek di dapur terbuka.

Satu porsi sambal belut di sini seharga Rp20.000. Jika hendak menuju ke warung ini, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Imogiri Barat Km. 6, Glagah Kidul, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Warung ini buka mulai pukul 10.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB.

Sego Welut Mbak Surani

Sego Welut Mbak Surani. (Instagram @belanga.id)

Kedai ini terbilang salah satu kedai tua di DIY. Betapa tidak, kedai ini dipercaya sudah buka sejak 1945.

Tidak hanya tersaji dalam bentuk sambal belut, ada pula tambahan krecek dan daun pepaya. Tentu terbayang kelezatannya apabila dipadukan dengan nasi putih hangat. Misal masih kurang, masih ada menu tambahan lain seperti gudeg, lele, hingga mangut belut.

Di warung yang kini berada di Pasar Godean, Jalan Godean Km. 9, Jetis, Sidoagung, Kapanewon Godean, Sleman itu, seporsi sambal belut dihargai Rp15.000.

BACA JUGA: Makan Murah di Jogja, Menikmati Surga Kuliner Autentik di Pasar Ngasem

Warung Sego Welut Mbak Surani ini buka mulai pukul 21.00 sampai 23.00 WIB.

Sambel Welut Pak Wardi

Sambel Welut Pak Wardi. (Instagram @jogjabikinlaper)

Bagi yang suka makan belut sampai ke tulang-tulangnya, Warung Sambel Welut Pak Wardi bisa menjadi tempat yang tepat.

Belut yang berukuran kecil dengan digoreng kering membuat teksturnya menjadi gurih. Ditambah dengan campuran cabai, maka lengkaplah sudah lauk untuk makan siang atau malam ini.

Dengan sambal belut model ini, Warung Sambel Welut Pak Wardi tidak pernah sepi. Dalam sehari, rata-rata menghabiskan produksi 70 kilogram belut. Harga satu porsi sambal belut di sini sekitar Rp 18.000.

Warung Sambel Welut Pak Wardi berada di Jalan Magersari RT 1/RW 1, Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Warung ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Menjelang Iduladha, Pakar UGM Ingatkan Mikroba dalam Daging Kurban

Jogja
| Kamis, 09 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar Vaksinasi yang Wajib Dilakukan Sebelum Berangkat Haji dan Umrah

Lifestyle
| Kamis, 09 Mei 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement