Advertisement

Warning! 2024 Turis Indonesia ke Jepang Wajib Tes TBC

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 21 November 2023 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Warning! 2024 Turis Indonesia ke Jepang Wajib Tes TBC Pengunjung berjalan-jalan dan mengambil foto bunga sakura di salah satu taman di Nakameguro, Tokyo. - ANTARA/Juwita Trisna Rahayu\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Jepang memberlakukan aturan baru di dunia pariwisata terkait dengan kesehatan para turis sebelum memasuki negaranya per 2024. Turis dari Indonesia, China, Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Nepal yang datang ke Jepang lebih dari tiga bulan wajib tes tuberkulosis (TBC) sebelum masuk ke negara tersebut.

Baca Juga: Kasus TBC di Jogja 2023 Diprediksi Melebihi Tahun Lalu

Advertisement

Melansir dari The Asahi, Menteri Kesehatan Jepang Keizo Takemi mengatakan tes TBC wajib disertakan saat melakukan kunjungan ke Jepang lebih dari tiga bulan. Takemi meyakini banyak pasien TBC baru di Jepang berasal dari negara-negara tersebut. Tes TBC pun tak bisa dilakukan di sembarang tempat, pasalnya pemerintah Jepang telah menunjuk institusi medis untuk melayani tes para pelancong dari 6 negara tersebut. Jika hasil tes positif, makan Jepang bisa menolak untuk mengeluarkan visa kepada turis tersebut.

Baca Juga: Sedih, Menkes Sebut Banyak Pasien TBC Meninggal sebelum Pengobatan

"Kami sedang melakukan persiapan implementasi secepatnya. Kami berharap dapat memulainya pada tahun fiskal berikutnya," kata Takemi dikutip dari The Asahi, Minggu (19/11/2023).

Adapun tahun fiskal Jepang dimulai pada bulan April. Sebelumnya, rencana pemberlakuan tes ini sempat direncanakan oleh Pemerintah Jepang untuk diberlakukan pada 2018.

Baca Juga: Skrining dan Stigma Masih Jadi Kendala Eliminasi TBC

Kemudian pada 2021, tercatat jumlah kasus TBC di Jepang telah turun di bawah 10 per 100 ribu penduduk dan menjadikan Jepang sebagai negara "endemis rendah" untuk TBC menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun Kementerian Kesehatan Jepang mencatatkan bahwa 10.235 pasien TBC baru terdaftar di negaranya selama 2022. Dari hasil tersebut, sebanyak 11,9 persen pasien TBC baru berasal dari luar negeri dan rasionya terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: DPAD DIY Dorong Tingginya Minat Baca Merata ke Semua Wilayah

Sleman
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Pria di Moskow Didenda Akibat Rambutnya Dicat Warna Kuning dan Biru, Ini Sebabnya

Lifestyle
| Jum'at, 03 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement