Advertisement

Punya Kedalaman 116 Meter, Hongyancun Jadi Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 17 Mei 2024 - 12:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Punya Kedalaman 116 Meter, Hongyancun Jadi Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia Stasiun kereta bawah tanah Hongyancun di Chongqing, Tiongkok disebut sebagai stasiun bawah tanah terdalam di dunia karena memiliki kedalaman 116 meter. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CHONGQING—Stasiun kereta bawah tanah Hongyancun di Chongqing, Tiongkok disebut sebagai stasiun bawah tanah terdalam di dunia karena memiliki kedalaman 116 meter. Pengguna stasiun ini pun sering mengalami telinga tersumbat karena perbedaan tekanan udara.

Stasiun Hongyancun terletak di Metro Chongqing Jalur 5 dan 9, antara Jingwei Avenue dan Shabin Road, di Distrik Yuzhong Chongqing. Stasiun ini baru dibuka operasionalnya pada 2022 lalu setelah pembangunan selama 400 hari.

Advertisement

Kota metropolitan Tiongkok terkenal dengan bentang alamnya yang berbukit-bukit, dengan jalanan yang berkelok-kelok naik turun dan lereng-lerengnya dipenuhi rumah-rumah dan bangunan, dan kekhususan inilah yang menyebabkan terciptanya kereta bawah tanah terdalam di Tiongkok dan di seluruh dunia.

BACA JUGA: Waduh! Seorang Tunawisma Tinggal di Atap Supermarket Selama Setahun Tanpa Ketahuan

Stasiun ini terletak di atas salah satu dari banyak bukit di kotamadya Tiongkok, sehingga para pekerja harus bekerja sangat keras untuk menghubungkan stasiun baru ke jalur kereta bawah tanah kota.

Kabarnya, setiap orang membutuhkan waktu 38 menit untuk berjalan kaki dari dasar stasiun ke permukaan atau sebaliknya. Tak sedikit yang menganggap bahwa durasi itu rasanya seperti mendaki gunung sungguhan setiap hari.

Menariknya, dibutuhkan waktu 53 detik saja untuk mencapai bagian bawah Stasiun Hongyancun melalui lift. Sementara jika menggunakan eskalator, kurang lebih dari 10 menit lamanya.

Kendati demikian, pengguna yang mengakses lift di stasiun ini pasti akan merasakan telinga tersumbat karena mengalami perbedaan tekanan udara yang drastis.

Ketika tekanan udara di luar gendang telinga berbeda dengan tekanan di dalam, Anda mengalami barotrauma telinga. Hal ini paling sering terjadi saat turun dan menurun tajam dan biasanya berhubungan dengan lepas landas dan mendaratnya pesawat, atau berkendara naik atau turun gunung.

Kebanyakan stasiun kereta bawah tanah biasanya tidak menyebabkan barotrauma telinga, karena stasiun tersebut tidak cukup dalam atau curam sehingga telinga Anda dapat merasakan perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan.

Namun, menggunakan lift untuk mencapai stasiun kereta bawah tanah terdalam di dunia seperti Stasiun Hongyancun mungkin justru membuat telinga Anda tersumbat. Pasalnya, letaknya 116 meter di bawah permukaan atau setara dengan sekitar 40 lantai di bawah tanah.

BACA JUGA: Spot Wisata Unik! Ada Sumur Kuno Terdalam di Dunia, Bisa Dicapai dengan 3.500 Anak Tangga

Karena kedalamannya yang ekstrem, Stasiun Hongyancun dengan cepat menjadi daya tarik wisata di Chongqing. Terdapat video orang-orang mengunjungi kota hanya untuk turun ke dasar Stasiun Hongyancun, menggunakan delapan eskalator besar atau lift modern. Karena penurunan tajamnya, kondisi ini dilaporkan membuat telinga orang-orang tersumbat.

Keberadaan Stasiun Hongyancun menggantikan Hongtudi, stasiun kereta bawah tanah lain di Chongqing, yang juga memiliki predikat stasiun terdalam di Tiongkok. Stasiun Hongtudi memiliki kedalaman 94 meter dan memiliki delapan eskalator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Sleman, Sabtu 15 Juni 2024, Cek di Sini

Sleman
| Sabtu, 15 Juni 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Batasi Konsumsi Kafein Agar Kualitas Tidur Meningkat

Lifestyle
| Jum'at, 14 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement