Advertisement

Pedasnya Plecing Kangkung asli Pulau Lombok

Eka Chandra Septarini
Kamis, 12 April 2018 - 14:35 WIB
Maya Herawati
 Pedasnya Plecing Kangkung asli Pulau Lombok Plecing kangkung khas Pulau Lombok. - JIBI/Bisnis Indonesia/Eka Chandra Septarini

Advertisement

Harianjogja.com, MATARAM—Pulau Lombok adalah surganya wisatawan yang mencari ketenangan dan ingin berlibur. Didukung oleh pesona destinasi alam yang begitu cantik, beragam kuliner khas juga siap memanjakan perut.

Bagi pecinta pedas, ada dua kuliner yang wajib anda cicipi, yaitu Plecing Kangkung dan Sambal Beberok Terong. Dua kuliner pedas ini sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi para pecinta pedas. Biasanya dua kuliner ini menjadi pelengkap Ayam Taliwang, yang memang sudah dikenal kelezatannya. Namun, ada cara lain yang lebih sederhana untuk menikmati kuliner ini, misalnya dengan sepiring nasi hangat.

Advertisement

Plecing Kangkung merupakan menu sayuran yang terdiri dari kangkung Lombok yang sudah direbus, tauge, kacang tanah goreng, sambal urap kelapa, dan sambal plecing. Jangan bingung ketika akan menyantap kuliner ini, cukup campurkan semua isinya agar merata atau dengan istilah Lombok digaur.

Sambal plecing dibuat dari cabai merah, terasi bakar, tomat, sedikit garam, dan tak ketinggalan perasan air jeruk limau. Terasi yang digunakan adalah terasi Lengkare yang memiiki citarasa yang lebih gurih dan manis. Saat menikmati kuliner ini bersiaplah untuk mendapatkan sensasi pedas khas Pulau Lombok.

Selain Plecing Kangkung, kuliner pedas lain yang sayang untuk dilewatkan adalah Beberok Terong. Meskipun sama seperti Plecing Kangkung yang menjadi pelengkap Ayam Taliwang, kuliner ini cukup populer di Lombok.

Beberok Terong adalah bisa dikatakan merupakan lalapan khas Lombok. Kuliner ini berbahan dasar terong dan kacang panjang yang diiris, kemudian disiram sambal tomat pedas. Terong yang digunakan untuk kuliner ini yaitu terong bulat kecil berwarna putih keunguan. Terong jenis ini sangat cocok digunakan untuk lalapan karena teksturnya yang renyah dan rasanya sedikit langu tetapi tidak pahit.

Beberok Terong cukup populer dan menjadi primadona kuliner khas Lombok karena dapat membangkitkan selera makan dan diyakini ampuh untuk mencegah penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Terong diyakini mmemiliki khasiat yang mampu menurunkan kolesterol dan ketegangan syaraf.

Bagi masyarakat Lombok atau yang kerap dikenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid, sajian Plecing Kangkung dan Beberok Terong merupakan santapan sehari-hari. Sehingga, tidaklah sulit untuk menemukan kuliner ini mulai dari warung kaki lima hingga hotel berbintang.

Bagaimana, siap menggoyang lidah untuk menikmati sajian pedas di Pulau Lombok?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soal Pembebasan Lahan untuk IKN dan PSN, AHY: Tidak Boleh Asal Gusur

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement