Asinan Bogor Sangat Istimewa, Ini Alasannya

Asinan Bogor - Antara
05 November 2018 10:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, BOGOR—Asinan Bogor adalah makanan yang menjadi ciri khas Kota Bogor, Jawa Barat.

Hidangan asinan disebutkan sebagai olahan makanan melalui cara pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka. Asinan Bogor terbagi dua yakni asinan buah dan sayur.

Untuk asinan buah yang tidak hanya jadi kesukaan orang Bogor namun juga orang-orang dari luar Bogor, biasanya buah-buahan yang digunakan sebagai asinan mulai dari mangga muda, kemang, jambu air, menteng, pepaya, anggur, kedondong, bengkuang, pala hingga nanas.

Perbedaan asinan khas Bogor dengan asinan lainnya adalah pada rasa asam dari cuka dan dipakainya saus kacang sebagai taburan. Ini yang membuatnya istimewa.

Di Bogor sendiri, begitu banyak tempat yang menjual hidangan asinan buah sebut saja dari Jalan Siliwangi sampai ujung Jalan Surya Kencana. Salah satu yang paling populer dituju sebagai tempat untuk membeli asinan khas Bogor, adalah toko asinan yang sudah berdiri sejak 1978.

Asinan Sedap Gedung Dalam, Bogor yang berlokasi di Jalan Siliwangi No. 27 C, yang sekarang sudah ada juga cabangnya, yakni di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V Poin, Bogor.

Sumber : Antara