Advertisement

Wah Sate Ternyata Juga Jadi Makanan Khas Singapura

newswire
Rabu, 21 November 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Wah Sate Ternyata Juga Jadi Makanan Khas Singapura   Sate di Pasar Geylang Serai, Singapura - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, SINGAPURA—Sejumlah blog wisata merekomendasikan sate sebagai makanan khas Singapura yang wajib dicicipi turis saat datang ke sana. Jangan kaget, bahkan daftar tempat populer penyedia sate juga masuk daftar rekomendasi.  Bagi Anda orang Indonesia, tentu saja tidak akan tertarik. Ngapain ke Singapura hanya untuk makan sate?

Namun tak hanya sate  yang masuk daftar makanan khas di Singapura, ada beberapa makanan lain. Setidaknya, termasuk sate, ada lima daftar makanan yang disebut khas, dan wajib dicicipi turis.

Advertisement

Merangkum dari handbook Panduan Lengkap Singapura, berikut ini daftarnya:

Nasi ayam hainan atau hainanse chicken rice

Makanan lezat yang satu ini merupakan salah satu kuliner unggulan Singapura. Nasi ayam hainan diadaptasi dari resep ayam Wenchang di Pulai Hainan dan dibawa ke Singapura oleh imigran Tiongkok.

Terhidang dalam bentuk ayam kukus atau panggang dengan nasi yang direndam dalam kaldu ayam, nasi ayam Singapura akan lebih sedap jika dinikmati dengan sambal dan saus bawang putih spesial.

Mie Hokkien

Cara menghidangkan makanan favorit orang Singapura ini cukup mudah. Makanan ini berasal dari Provinsi Fujian di Cina, terbuat dari mie kuning dan putih yang digoreng dengan cumi dan udang. Paling enak dinikmati dengan sambal gurih dan jeruk nipis.

Kari kepala ikan

Kari dengan perpaduan rasa asam dan pedas ini telah mengalami perubahan rasa karena disesuaikan dengan selera lidah masyarakat Singapura. Nikmati empuknya daging ikan yang tersembunyi di sela-sela bagian kepala dengan sentuhan rasa kari.

Prata

Prata adalah roti gepeng khas India Selatan yang dicelupkan ke dalam kari. Kuliner yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat Singapura dari semua kalangan.

Roti ini dibuat dengan cara dimasak di atas sebuah kompor panas oleh seorang koki yang sangat terampil membolak-balik prata hingga masak. Prata bisa dicampur dengan keju, bawang, bawang, atau kudapan manis seperti cokelat dan madu.

Sate

Sate merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Singapura. Saat berkunjung ke Singapura jangan lupa mampir ke Satay Street untuk menikmati sate yang disajikan dengan irisan mentimun dan bawang putih, bersama ketupat. Sate biasanya dibuat menggunakan bahan baku utama yaitu danging ayam, kambing, atau sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement