Di Kediri Anda Bisa Piknik Sambil Relaksasi Memetik Kelengkeng

Petik Kelengkeng di Kediri - Okezone
04 Februari 2019 08:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, KEDIRI—Piknik santai sambil memetik buah-buahan populer di Malang, Jawa Timur. Buah yang dipetik biasanya apel. Namun di Kediri ada wisata petik buah yang berbeda yaitu kelengkeng.

Di Desa Wisata Jambu terdapat satu kawasan kebun kelengkeng yang asri. Di lahan seluas 300 meter persegi, Anda bisa memetik kelengkeng sepuasnya sembari dimakan langsung di tempat.

Tarif untuk wisata petik kelengken di tempat ini sangat terjangkau. Anda cukup membayar Rp15.000 per orang.

Jelas rasanya berbeda dari buah kelengkeng yang dibeli di pasar. Karena kalau makan buahnya langsung setelah dipetik, rasanya cenderung manis dan banyak airnya.

Penanggung Jawab Desa Wisata Jambu Titin mengatakan, sudah sekira tiga tahun lahan kebun kelengkeng itu diperkenalkan ke wisatawan. Di sana ada banyak jenis buah kelengkeng yang ditanam dan dibudidayakan warga sekitar. Misalnya, new kristalin, diamond, itoh dan masih banyak lagi. "Pohon kelengkengnya sekali tanam, lalu berbuah lagi sampai tiga kali siap petik," tuturnya belum lama ini.

Sebelum memetik kelengkeng, Titin memberikan trik mudah untuk pilih kelengkeng yang matang. Dia menyebut, buahnya saat dipegang yang pasti empuk, baunya harum dan warna kulitnya cokelat tua.

Kalau Anda ingin membawa pulang kelengkeng hasil petik sendiri, mesti membayar lagi sebesar Rp25.000 per kilogram.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia