Kenalkan Anak dengan Wisata Edukatif Lokal

03 Agustus 2019 09:37 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Apa rencana liburan Anda untuk akhir pekan nanti? Jika belum ada rencana apapun, tak ada salahnya Anda pergi berlibur ke tempat wisata edukatif bersama keluarga. Ide ini tentunya sangat bagus untuk menikmati quality time bersama. Terlebih lagi, mengunjungi tempat baru dapat meningkatkan motivasi anak dalam mengasah rasa ingin tahu yang besar.

Jangan khawatir, ada banyak tempat wisata ramah anak di Yogyakarta yang cocok dikunjungi keluarga. Terlebih, di bulan Agustus ini Traveloka Xperience memberikan diskon mulai dari 45% lewat promo “Daily Deals Road to GIS” di banyak tempat wisata dari tanggal 1 – 15 tanpa syarat apapun. Lalu, apa saja rekomendasi tempat wisata yang ramah anak sekaligus bisa menjadi tempat edukasi di Kota Gudeg ini? Yuk simak artikelnya berikut!

Ramayana Ballet Purawisata

Ramayana Ballet Purawisata merupakan pertunjukan wayang orang yang begitu populer di Yogyakarta. Atraksi wisata ini menyatukan beragam kesenian Jawa, mulai dari seni tari, drama, dan musik. Makanya, pagelaran ini cocok bagi si kecil untuk belajar lebih banyak tentang budaya dan kesenian Jawa.

Ramayana Ballet Purawisata mengangkat kisah cinta sejati antara Rama Wijaya dan Dewi Shinta. Meski tanpa dialog, Anda akan dibuat terpukau oleh pertunjukan legendaris sejak era 1970-an ini. Ditambah efek tata lampu dan kostum yang luar biasa, Ramayana Ballet Purawisata benar-benar dapat menyihir siapapun yang menontonnya.

Ramayana Ballet Purawisata rutin digelar setiap hari di Gedung Pertunjukan Trimurti pada bulan November – April dan di panggung terbuka pada bulan Mei – Oktober. Sementara waktu pertunjukannya, Ramayana Ballet Purawisata dipentaskan mulai jam 20:00 – 21:30. Jika tertarik berkunjung, tanggal 4 Agustus 2019 untuk mendapatkan diskon sebesar 45% dari Traveloka Xperience.

Kids Fun Parcs

Kids Fun Parcs jadi destinasi berikutnya yang cocok untuk disinggahi selama liburan. Taman bermain ini bisa Anda jumpai di Jalan Wonosari, Tegaltirto, Berbah, Kabupaten Sleman. Berdiri sejak 1998, Kids Fun Parcs menawarkan 22 wahana permainan anak, ditambah wahana waterboom Aqua Splash.

Semua permainan di sini dirancang dengan standar keamanan terbaik sehingga aman dan nyaman untuk dimainkan anak-anak usia 2 – 13 tahun. Tak ketinggalan, Kids Fun Parcs sebagai destinasi wisata keluarga juga menghadirkan wahana permainan untuk dinikmati bersama keluarga dan wahana yang menguji adrenalin.

Jadi, tak ada salahnya mengajak anak bersenang-senang di Kids Fun Parcs. Apalagi, taman bermain ini dipenuhi pepohonan besar yang rimbun sehingga anak bisa betah bermain meski cuaca Yogyakarta sedang panas. Fasilitasnya pun lengkap mulai dari pusat kuliner, toko suvenir, hingga restoran. Anda bisa mendapatkan potongan tiket masuk 45% jika memesannya di tanggal 8 Agustus 2019 nanti.

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark merupakan taman wisata air terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Taman air ini mengusung tema bajak laut yang dipadukan dengan ornamen-ornamen khas Jawa dan Eropa.

Atraksi utama Jogja Bay Waterpark adalah 14 wahana permainan air yang dapat memberikan pengalaman baru dan seru. Wahana-wahana tersebut tersebar di atas lahan seluas 7,7 hektar. Salah satu yang paling seru dan dapat dinikmati bersama keluarga adalah Bekti Slide yang memberikan momen menegangkan meluncur melewati slider meliuk dan berputar dari ketinggian.

Tak cuma itu, Jogja Bay Waterpark juga memiliki program edukatif untuk anak-anak seperti Natural Batik, Cooking Class, dan Garden Tour. Ada pula pertunjukan drama musikal “Jose and The Guardian-Past in The Future” setiap akhir pekan dan Museum Air “Water for Life” yang mengajak anak untuk belajar tentang air dan manfaatnya dengan cara yang mengasyikkan dan interaktif. Dapatkan potongan 45% untuk pembelian tiket masuk Jogja Bay Waterpark jika memesannya di tanggal 10 Agustus 2019!

History of Java Museum

Terakhir, History of Java Museum harus jadi destinasi wajib Anda yang ingin tahu tentang sejarah peninggalan dan nilai tradisi budaya Jawa. Tak seperti museum-museum lain, belajar di sini justru lebih atraktif dan seru karena dikemas dengan teknologi digital canggih seperti Augmented Reality (AR) dan video mapping.

History of Java Museum berada di Jalan Parangtritis kilometer 5,5, Kecamatan Sewon, Bantul. Saat masuk ke dalam area museum, Anda dapat melihat ratusan koleksi benda-benda prasejarah yang menceritakan perjalanan Pulau Jawa sejak masa prasejarah hingga modern, mulai dari berbagai koleksi artefak, perhiasan, hingga perabotan alat rumah tangga dengan ukiran masa lalu.

Sebagian besar koleksi-koleksi di History of Java adalah artefak asli, langka, dan tidak dimiliki museum lain. Bahkan, setelah melihat koleksi museum dari balik lemari kaca, Anda juga bisa memegang dan mencoba memainkan gamelan dari peninggalan Kerajaan Majapahit.

Pokoknya, dijamin si kecil tertarik dan betah berlama-lama di dalam museum. Namun, sebelum pulang, jangan lupa untuk berswafoto sepuasnya karena arsitektur bangunan museum ini cukup unik dan menyerupai tumpeng. Tertarik mengunjungi History of Java Museum? Anda bisa memesannya melalui Traveloka Xperience di tanggal 14 Agustus 2019 untuk mendapatkan potongan harga sebanyak 45%.

Liburan bersama anak ada baiknya tidak untuk ditunda. Ini cukup penting karena ada banyak hal yang dapat dipelajari si kecil selama liburan. Terlebih lagi, potongan harga 45% dari Traveloka Xperience bisa menambah keseruan karena dapat menghemat bujet selama bulan Agustus ini! Dapatkan promonya di sini.