Advertisement

Mencicipi Sensasi Rasa Unik Yogurt Ubi Ungu

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 29 September 2019 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Mencicipi Sensasi Rasa Unik Yogurt Ubi Ungu Anis Daniar menunjukkan yogurt ubi ungu kreasinya. - Ist/dok

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Ubi ungu biasanya diolah menjadi keripik, isian bakpia atau es krim. Namun di tangan Anis Daniar, 36, ubi bercita rasa manis itu disulap jadi yogurt, sebuah minuman kesehatan berbahan dasar susu.

Berbekal pendidikan yang diperolehnya dari jurusan Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor, ditambah dengan melimpahnya ubi ungu di Kulonprogo, Anis memproduksi yogurt berlabel Firani ini di Kompleks BBVet, Desa Giripeni, Kecamatan Wates.

Advertisement

Anis mengungkapkan usaha yogurt dengan rasa ubi ungu ini sudah digelutinya sejak 2014 silam. Semula ia hanya coba-coba. Namun, ternyata rasa yang muncul antara yogurt dan ubi itu cukup unik. Rasa ubi ungu memberikan sensasi khas, mengimbangi rasa asli yogurt yang asam manis.

Dia memaparkan kandungan yogurt sangat bermanfaat untuk kesehatan, produk berlabel Firani ini sudah lolos uji Dosen Stikes dan Kemenkes. "Minuman ini bisa menyehatkan pencernaan, memperbaiki fungsi empedu dan pankreas serta memperbaiki fungsi motorik tubuh dan anti bakteri," ujarnya belum lama ini.

Minuman yang ia klaim tanpa bahan pengawet ini, bisa tahan hingga enam bulan jika dimasukkan ke dalam freezer. Ketahanan itu dipengaruhi karena minuman dikemas dengan baik menggunakan styrofoam dan ice gel.

Saban hari Anis bisa memproduksi yogurt hingga 70 liter. Ia memasarkan produknya secara langsung dan online. Satu botol yogurt dihargai Rp9.000 per kemasan 200 ml. "Tapi, untuk yogurt dengan variasi rasa ubi ungu, harganya Rp10.000 per botol dengan ukuran sama," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Berikut Daftar Ucapan Hari Kartini yang Dirayakan Setiap 21 April

Lifestyle
| Sabtu, 20 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement